Ketika berkunjung ke Surabaya, rasanya kurang lengkap jika belum berwisata kuliner. Kota berjulukan kota Pahlawan ini menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia dan menjadi pusat bisnis yang banyak dikunjungi. Di kota ini kamu bisa menemukan berbagai jenis kuliner yang lezat-lezat. Berbeda dari kota lainnya di Indonesia, Surabaya memiliki ciri khas kulinernya sendiri dimana salah satu ciri khasnya adalah cita rasa pedasnya. Nah, buat kamu yang berkunjung ke kota ini, ada beberapa tempat makan ikonik di Surabaya yang wajin kamu kunjungi. Berikut daftarnya!

1. Gado-Gado Arjuna Surabaya

Gado Gado Arjuna Surabaya - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via gado-gado-arjuno-pak-satumin.business.site

Apa kamu salah satu penggemar gado-gado? Makanan enak dan sehat satu ini sangat mudah kamu temukan di Surabaya. Salah satu tempat makannya yang legendaris yaitu Gado-Gado Arjuna Pak Satumin. Perlu kamu ketahui, tempat ini ternyata sudah ada sejak tahun 1970-an. Dalam satu porsi gado-gado terdiri dari selada, kecambang, timun, tahu, telur, irisan lontong dan kerupuk.

Setelah itu ditambah dengan bawang goreng yang menambah citarasanya. Yang menjadi daya tarik dari gado-gado ini terletak pada siraman bumbu kacangnya yang kental, pekat dan dipadukan dengan sambal merahnya yang sangat nikmat. Selain menjual gado-gado, disini juga tersedia nasi rawon, nasi campur, penyetan, pecel, rujak cingur dan aneka minuman.

  • Alamat : Jl. Arjuno No.127, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00

2. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul 1992 - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via tripadvisor.co.id

Suka makan seafood khususnya kepiting? Tak ada salahnya kamu mengunjungi tempat makan ikonik di Surabaya satu ini. Kepiting Cak Gundul 1992 ini menyajikan kepiting dengan empat rasa yaitu asam manis, mentega, kare dan rebus. Dari empat varian itu yang paling laris adalah asam manis dan mentega.

Kepiting asam manisnya ini banyak disukai karena memiliki rasa pedas, asam dan manis bercampur jadi satu. Untuk bisa makan kepiting disini, para pengunjung harus mengeluarkan dana yang variatif tergantung pesanan. Di restoran ini harganya dihitung berdasarkan jenis kepitingnya.

  • Alamat : Jl. Raya Kupang Indah No.45, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 11.00 – 23.00

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via ksmtour.com

Kuliner khas Surabaya yang patut kamu coba selanjutnya adalah lontong balap. Di Surabaya ada banyak penjual lontong balap, tapi ada satu yang legendaris yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong Balap sudah ada sejak tahun 1958, dimana awal berjualnannya menggunakan rombong pikulan.

Rasa lontong balap Pak Gendut ini sangat enak dan banyak disukai, dengan resep lontong balap khusunya lento dan sambal buatannya sendiri tanpa ada campuran. Selain menu lontong balap, ada juga sate kereang yang bisa dipesan.

  • Alamat : Jl. Embong Malang No.38, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 07.00 – 23.00

4. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via pbsu.pphotels.com

Dibandingkan dengan nasi goreng pada umumnya, nasi goreng jancuk ini memiliki cita rasa khas tersendiri. Nasi ini sengaja disajikan dengan cita rasa pedas, mereka memiliki dua level pedas. Untuk level pedas biasa, nasi goreng ini menggunakan satu ons cabai per porsinya. Nasi gorengnya ini dilengkapi dengan topping telur dadar, udang, suiran daging ayam, bawang goreng, krupuk udang dan acar.

Selain menggunakan cabai, nasi goreng ini juga menggunakan sambal, bumbu rempah lainnya. Ketika menyantapnya siap-siap saja akan banjir keringat dan air mata. Nasi goreng jancuk ini juga disajikan di atas penggorengan dengan porsi super jumbo yang dapat disantap oleh 3 – 4 orang.

  • Alamat : Jl. Mayor Jendral Sukartiko No.104, Jogotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Jam Buka : 16.30 – 23.00

5. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via instagram.com/surabayafoodies

Penggemar bebek mari merapat, di Surabaya ada lho tempat makan nenek yang populer yaitu nasi bebek sayang anak cak Yudi. Tempat makan ikonik di Surabaya ini tidak pernah sepi pengunjung. Cita rasa nasi bebek ini sangat kuat dan lezat tak heran warung ini sangat ramai.

Nasi bebek ini memiliki tekstur daging yang lembut, empuk dan tidak alot. Untuk rasanya ada manis, asin dan gurih, ditambah dengan sambal pencitnya yang pedas, kecut dan segar dicocol dengan suiran bebek. Ini menjadi perpaduan yang sempurna untuk memanjakan lidah.

  • Alamat : Jl. Kepanjen, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 12.00 – 15.30 (Minggu – Tutup)

6. Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via puteramentari.com

Permah mendengar nasi empal pengampon? Makanan ini menjadi salah satu kuliner populer di Surabaya. Maka dari itu tak heran banyak wisatawan yang mencarinya. Lokasinya berada di gang sempit hanya bisa untuk pejalan kaki. Untuk parkirnya kalian bisa di depan mulut gang.

Ada dua menu utama disini yaitu nasi dan bubur. Satu porsi nasi empalnya ini disajikan bersama nasi, tempe kentang kering, oseng-oseng buncis wortel dan empal yang disuwir-suwir. Empalnya enak, empuk dan bumbunya meresap sempurna.

  • Alamat : Pengampon II No.3, Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 08.00 – 14.00, 17.00 – 21.00

7. Nasi Udang Bu Rudy

Nasi Udang Bu Rudy - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via intisari.grid.id

Jangan lupa cobain juga nasi udang Bu Rudy ketika berkunjung ke Surabaya. Nasi udang ini salah satu kuliner legendaris di kota Surabaya, sudah ada sejak tahun 1995 hingga saat ini.

Nasi Udang Bu Rudy ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu memiliki antrian yang panjang. Dalam satu porsi nasi campurnya berisi nasi putih, mie goreng, udang, sayur, tumis tahu tempe, telor ayam kare, tahu kare dan sambal khas Bu Rudy yang super pedas. Disini juga tersedia menu lainnya seperti nasi pecel, nasi rawon, rujak cingur dan nasi bakar.

  • Alamat : Jl. Anjasmoro No.45, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 06.30 – 20.30

8. Nasi Krawu Sufayah Surabaya

Nasi Krawu Sufayah Surabaya - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via facebook.com/surabayafoodies

Makanan satu ini khas dari Gresik, tapi sudah banyak ditemui di luar kota asalanya. Makanan legendaris ini bisa kamu cicipi di Nasi Krawu Sufayah Surabaya. Nasi Krawu Sufayah Surabaya ini ternyata sudah ada sejak tahun 1950.

Hingga saat ini makanan ini tetap nikmat karena penerusnya menjaga mutu dan kualitas bahan-bahan yang digunakan. Ada yang menarik dari tempat makan satu ini, dimana ada lauk yang tidak ditawarkan di tempat lainnya yaitu kikilnya yang kenyal, gurih dipadukan dengan nasi. Seporsi biasanya terdiri dari nasi, suwiran daging ayam, kikil, sambal, babat dan serundeng.

  • Alamat : Jl. Raya Darmo Permai III No.12, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 07.00 – 13.00

9. Rawon Setan Surabaya

Rawon Setan Surabaya - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via femina.co.id

Ketika ke Surabaya memang kurang pas rasanya jika belum mencicipi rawon. Di Surabaya salah satu penjual rawon yang terkanal dan legendaris yaitu Rawon Setan Surabaya. Disini ada rawon campur yang artinya nasinya sudah dicampur dengan rawon. Tapi ada juga rawon yang terpisah dari nasinya.

Kamu juga bisa memesan rawon dengan full daging atau campur dengan tetelan. Jika kamu suka pedas, disini disediakan juga sambal rawon yang menikatkan selera. Sebagai pelengkap ada telur asin, gorengan dan kerupuk.

Selain rawon, ada juga nasi pecel, nasi bali daging, nasi osek dan nasi campur. Nah, perlu diketahui meskipun namanya rawon pedas, warung ini tidak menjual rawon yang super pedas. Dulu katanya rawon ini buka pada malam hari sehingga dinamakan rawon setan.

  • Alamat : Jl. Embong Malang, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00

10. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais - 15 Menu dan Tempat Makan Ikonik di Surabaya
photo via facebook.com/GrabFoodID

Rujak Cingur Ahmad Jais adalah adalah salah satu tempat makan di Surabaya. Tempat makan legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1970. Rujak cingur ini berbeda dari yang lainnya, rujak cingur ini memanfaatkan gurihnya kacang mede.

Selain itu, keunggulan lainnya terdapat pada cingurnya yang berlimpah, bersih dan tidak amis. Tak hanya itu saja cingurnya juga kekenyalannya pas. Seporsi rujak ini terdiri dari timun, nanas, pencit, kedongdong, cingur, sayuran dan lontong. Rasanya tentu sangat nikmat dan bikin ketagihan.

  • Alamat : Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Buka : 12.00 – 17.00

11. Sate Klopo Ondomohen
12. Sate Ayam Lisidu
13. Sego Sambel Mak Yeye
14. Sate Karak
15. Soto Lamongan Cak Har

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments