Entah kamu seorang yang terlalu banyak berpikir atau perlu membuat keputusan sulit. Kamu mungkin pernah mengalami malam-malam tanpa tidur ketika otak kamu tidak mau istirahat. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja suatu saat dalam hidup, sebab kita semua mengalami pasti pernah mengalami peristiwa yang menyebabkan kita khawatir atau stres.

Meskipun sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan segala sesuatunya dengan matang ketika membuat keputusan atau mengevaluasi suatu situasi, akan menjadi terlalu banyak pikiran jika kamu bisa keluar dari pikiran sendiri.

Ini juga disebut sebagai overthingking, memikirkan sesuatu terlalu banyak atau terlalu lama. So, ketika kamu berpikir terlalu banyak, saat itulah kamu sepertinya tidak bisa menghilangkan kekhawatiranmu. Ketika kamu terlalu banyak berpikir, kamu menjadi lumpuh tidak mampu membuat keputusan atau mengambil tindakan apa pun dan itu tidak baik untuk diri sendiri.

Sebelum kamu belajar bagaimana berhenti memikirkan segala hal secara berlebihan. Kamu harus mengetahui akar masalahnya yang sebenarnya.

Ketika kamu terlalu banyak pikiran, berikut ini ada beberapa cara mengurangi overthingking yang bisa kamu lakukan.

1. Mundur dan Lihat Bagaimana Kamu Merespon

Mundur dan Lihat Bagaimana Kamu Merespon - 13 Cara Mengurangi Overthingking
photo via suaraburuh.com

Cara kamu merespon pikiran terkadang dapat membuat kamu terjebak dalam siklus perenungan atau pemikiran berulang. Perenungan sering kali dapat menyebabkan konsekuensi negatif terhadap kesehatan mental seseorang.

Lain kali kamu mendapati diri kamu terus memikirkan berbagai hal, perhatikan bagaimana hal itu mempengaruhi suasana hati kamu. Apakah kamu merasa kesal, gugup atau bersalah? Apa emosi utama di balik pikiran kamu? Memiliki kesadaran diri adalah kunci untuk mengubah pola pikir kamu.

2. Temukan Gangguan

Hentikan pemikiran berlebihan dengan melibatkan diri dalam aktivitas yang kamu sukai. Ini mungkin berbeda untuk setiap orang, tapi biasanya meliputi memperlajari beberapa keterampilan dapur baru dengan menangani resep baru, pergi ke kelas olahraga favorit, melakukan hobi baru atau menjadi sukarelawan.

Mungkin sulit untuk memulai sesuatu yang baru ketika kamu kewalahan dengan pikiranmu. Jika menemukan gangguan terasa menakutkan, cobalah menyisihkan sedikit waktu. Gunakan waktu itu untuk mengeksplorasi potensi gangguan atau mencoba gangguan yang sudah ada.

3. Tarik Napas Dalam-dalam

Kamu sudah mendengarnya jutaan kali, tapi itu karena berhasil. Lain kali kamu mendapati diri kamu terombang-ambing dalam pikiranmu, pejamkan mata kamu dan tarik napas dalam-dalam. Untuk membantu kamu melepas lelah lewat pernapasan, pertama-tama temukan tempat yang nyaman untuk duduk dan rilekskan leher dan bahu kamu. Letakkan satu tangan diatas jantung kamu dan tangan lainnya diatas perutmu. Kemudian tarik napas dan buang napas melalui hidung, perhatikan bagaimana dada dan perut kamu bergerak saat bernapas.

4. Renungkan

Renungkan - 13 Cara Mengurangi Overthingking
photo via harianhaluan.com

Mengembangkan latihan meditasi secara teratur adalah cara yang didukung bukti untuk membantu menjernihkan pikiranmu dari obrolan gugup dengan mengalihkan perhatian kamu ke dalam. Kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit dan tempat yang tenang.

5. Lihatlah Gambaran Yang Lebih Besar

Bagaimana semua masalah yang ada di pikiranmu akan mempengaruhi kamu 5 atau 10 tahun dari sekarang. Jangan Biarkan persoalan kecil menjadi hambatan.

6. Lakukan Sesuatu Yang Baik Untuk Orang Lain

Mencoba meringankan beban orang lain dapat membantu kamu menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif. Pikirkan cara-cara kamu dapat membantu seseorang yang sedang mengalami masa sulit. Menyadari jika kamu memiliki kekuatan untuk membuat hari seseorang menjadi lebih baik dapat mencegah pikiran negatif mengambil alih. Ini juga memberi kamu sesuatu yang produktif untuk difokuskan alih-alih arus pemikiran kamu yang tidak pernah berakhir.

7. Akui Keberhasilan Kamu

Akui Keberhasilan Kamu - 13 Cara Mengurangi Overthingking
photo via entrepreneur.com

Ketika kamu sedang berpikir berlebihan, berhentilah dan keluarkan buku catatan atau aplikasi pencatat di ponsel. Catat lima hal yang berjalan baik selama seminggu terakhir dan peran kamu di dalamnya. Ini tidak harus berupa pencapaian besar, mungkin kamu membatasi pergi ke cafe atau membersihkan kamar. Ketika kamu melihatnya diatas kertas atau di layar, kamu mungkin akan terkejut melihat betapa hal-hal kecil ini bertambah. Jika dirasa bermanfaat, lihat kembali daftar ini ketika kamu merasa pikiranmu berputar-putar.

8. Pertimbangkan Sudut Pandang Lain

Terkadang, menenangkan pikiran mengharuskan kamu keluar dari sudut pandang biasa. Cara kamu memandang dunia dibentuk oleh pengalaman hidup, nilai-nilai dan asumsi kamu. Membanyangkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dapat membantu kamu mengatasi kebisingan.

Catat beberapa pemikiran yang berputar-putar di kepala kamu. Cobalah untuk menyelidiki seberapa valid masing-masing, seperti kamu merasa stres karena perjalanan yang akan datang karena kamu tahu itu akan menjadi bencana. Namun apakah itu benar-benar yang akan terjadi? Bukti apa yang kamu miliki untuk mendukung hal itu?

9. Ambil Tindakan

Terkadang, kamu mungkin memikirkan hal yang sama berulang kali karena kamu tidak mengambil tindakan nyata apapun. Tidak bisa berhenti memikirkan seseirang yang membuat kamu iri? Daripada membiarkannya merusak hati kamu, biarkan perasaan kamu membantu membuat pilihan yang lebih baik. Bersikaplah proaktif dan catat cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai tujuan. Ini akan membuat kamu keluar dari pikiranmu dan menyalurkan energi kamu untuk mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti.

10. Latihlah Rasa Kasihan Pada Diri Sendiri

Latihlah Rasa Kasihan Pada Diri Sendiri - 13 Cara Mengurangi Overthingking
photo via xonecole.com

Memikirkan kesalahan di masa lalu membuat kamu tidak bisa melepaskannya. Jika kamu menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang kamu lakukan minggu lalu, cobalah memfokuskan kembali belas kasihan pada diri sendiri.

11. Rangkul Ketakutanmu

Beberapa hal akan selalu berada di luar kendalimu. Mempelajari cara menerima hal ini dapat membantu membatasi pemikiran berlebihan. Menerima pikiran dan ketakutan negatif dapat membantu meningkatkan kesehatan psikologis. Tentu saja, hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dan ini tidak akan terjadi dalam semalam. Tapi carilah peluang kecil dimana kamu bisa menghadapi situasi yang sering kamu khawatirkan. Mungkin itu melawan rekan kerja yang suka memerintah atau melakukan perjalanan sendirian yang kamu impikan.

12. Lepaskan Masa Lalu

Orang yang terlalu banyak berpikir sering kali berfokus pada masa lalu, menghabiskan energinya pada “bagaimana jika” dan “seharunya terjadi”. Mereka yang mengerti bagaimana untuk tidak berpikir berlebihan tahu bahwa masa lalu hanyalah itu saja, itu tidak bisa diubah. Satu-satunya hal yang dapat kamu ubah adalah makna yang kamu berikan padanya.

Melepaskan masa lalu berarti kamu tidak membiarkan kesalahan mengendalikan keputusan masa depan dan kamu tidak membiarkan hal-hal buruk yang telah dilakukan terhadap kamu mengendalikan emosi. Kamu memaafkan orang lain dan melepaskan amarah kamu. Ini adalah salah satu cara paling signifikan untuk mengubah ceritamu.

13. Hiduplah Pada Saat Ini

Hidup pada saat ini adalah kunci untuk belajar bagaimana berhenti berpikir berlebihan. Kebanyakan orang tidak bisa begitu saja hidup pada saat ini. Kamu dapat mengendalikan pikiranmu dan menghentikan emosi negatif. Identifikasi pemikiran berlebihan sebelum menjadi tidak terkendali dan luangkan waktu sebentar untuk mengatur ulang. Fokuslah pada momen-momen yang kamu lihat saat ini, apa yang kamu syukuri. Pada awalnya, dibutuhkan kesadaran. Meditasi harian dapat membantu kamu melatih kembali otak untuk hidup pada saat ini.

 

Itulah beberapa cara mengurangi overthingking. Ketika kamu menemukan cara untuk berhenti berpikir berlebihan maka hiduomu saat ini akan menjadi lebih bahagia, tenang dan memberikan pengaruh yang positif pada orang-orang di sekitarmu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments