Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa kita bisa jatuh cinta? Cinta adalah rasa kasih sayang yang kuat dan pesona pribadi. Namun cinta juga bisa diartikan sebagai emosi seseorang.

Semua makhluk bisa mengalaminya, tapi bagi sebagian orang mendapatkan cinta itu cukup sulit. Mereka harus jatuh bangun, berjuang bahkan hingga mengorbankan apapun untuk mendapatkan cinta. Selain itu, cinta tak datang begitu saja.

Ada beberapa alasan cinta ini datang mulai dari hal sederhana hingga hal-hal yang tidak masuk akal. Bisa juga kalian jatuh cinta karena hal menarik, lucu atau cerdas dan bisa juga kamu mengingatkan si dia pada orang yang dicintainya. Tapi, cinta jauh lebih dalam daripada itu. Berikut ini ada beberapa alasan jatuh cinta.

1. Kompatibilitas

Kompatibilitas - Psikologi Asmara: Alasan Kita Jatuh Cinta
photo via promilenial.com

Salah satu faktor yang membuat kamu jatuh cinta adalah kecocokan. Kompatibilitas bukan tentang ketertarikan fidik tetapi bagaimana kamu berhubungan satu sama lain dan bergaul dengan baik. Ketika kamu dan pasangan berbagi nilai dan minat yang sama, sebagian besar pendapat kamu cocok. Hal itu berarti kamu dan orang yang kamu cintai cocok dan itu membuat kamu lebih dekat satu sama lain. Selain itu, menciptakan rasa kekaguman dan pengabdian yang mendalam satu sama lain.

2. Atraksi

Psikologi asmara, alasan mengapa seseorang jatuh cinta selanjutnya yaitu ketertarikan, ketertarikan merupakan salah satu faktor penyebab seseorang jatuh cinta, terutama pada tahap awal. Ketertarikan itu mungkin tidak hanya bersifat fisik saja, tetapi juga secara emosional dan seksual yang mengobarkan api gairah dalam diri kamu. Beberapa orang juga mungkin tertarik pada minat, sumber daya, status atau kecerdasan yang sama. Namun jika, ketertarikan menjadi alasan utama minus asmara atau keintiman, emosi bisa dianggap tergila-gila. Itu berarti kamu tertarik tetapi sebenarnya tidak tahu lebih banyak tentang orang tersebut. Yang namanya cinta dan kasih sayang sejati adalah kombinasi dari ketertarikan dan kedekatan yang biasanya berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

3. Koneksi

Ketika kamu berdua sangat terhubung, kamu mungkin jatuh cinta. Sebagai manusia, kita mencari koneksi atau ikatan yang memperkaya hidup kita. Ketika kita memiliki hubungan yang mendalam dengan seseorang, perasaaan itu akan menjadi memuaskan. Kamu pun ingin perasaan itu berlanjut lebih jauh dan menjadi pengalaman hidup yang berkepanjangan. Saat kamu berbagi hubungan sejati dengan seseorang, akan lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan dan emosi kamu dengannya. Koneksi mental ini dapat mempengaruhi hidup kamu secara positif.

4. Kemiripan

Kemiripan - Psikologi Asmara: Alasan Kita Jatuh Cinta
photo via life.indozone.id

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan “berlawanan menarik”. Tapi salah satu alasan umum kamu jatuh cinta dengan seseorang adalah karena kamu berdua sepemikiran atau berbagai kesamaan. Seperti kamu berdua suka membaca, suka berpergian atau lainnya. Ini akan membantu membangun hubungan yang dekat dan intim antara kalian berdua dan membuat kalian jatuh cinta satu sama lain.

5. Kemiripan Orang Tua

Tak bisa dipungkiri, kamu tumbuh dewasa melihat orang tua sendiri. Beberapa dari kita mungkin akan menggunakan panutan orang tua sebagai contoh tentang apa yang harus kita cari dalam diri seorang pasangan. Menemukan fitur serupa atau perilaku pada seseorang dapat menarik kamu ke arah mereka dan memberi kamu kepuasan hubungan. Mungkin juga membantu untuk membedakan sifat positif dan sifat negatif.

6. Komunikasi

Bahkan ketika dua orang berbeda, komunikasi bisa menjadi tali yang menghubungkan mereka. Memiliki percakapan yang baik dapat menghasilkan pertukaran energi positif. Saat kamu dapat berbicara dengan bebas dengan seseorang, pasti rasanya sangat menyenangkan. Meskipun hanya sekedar komunikasi “Bagaimana harimu?” hingga “Aku bisa membuatmu ceria”. Terkadang, kita mungkin ingin seseorang mendengarkan kamu tanpa menghakimi kamu.

7. Kelengkapan

Kelengkapan - Psikologi Asmara: Alasan Kita Jatuh Cinta
photo via hiburan.harianjogja.com

Tahukah kamu, terkadang cinta bisa terjadi begitu saja. Kamu mungkin tidak memiliki waktu untuk memikirkannya secara logis, tapi sadarilah bahwa kamu tertarik pada orang tersebut bahkan sebelum kamu mempertimbangkan pro dan kontra serta alasannya. Jangan kaget jika ini terjadi, tapi mundurlah sedikit dan pikirkan apakah hubungan ini bermanfaat bagi kamu dalam jangka panjang. Sementara ketertarikan dan chemistry dapat memulai tahap awal jatuh cinta, membangun hubungan yang kuat dan langgeng membutuhkan kepercayaan dan komitmen dari kedua individu.

8. Selera Humor

Alasan kita jatuh cinta selanjutnya yaitu selera humor. Tawa yang baik dapat mengisi udara dengan positif. Memiliki pasangan dengan selera humor yang baik dapat membantu kamu menghilangkan stres, merasa nyaman dan membuat hidup jauh lebih mudah. Ini adalah salah satu hal positif yang biasanya dilihat orang pada pasangan hidup mereka dan jatuh cinta.

9. Ketulusan

Ketika kamu merasa orang tersebut tulus denganmu, dia tulus dalam perasaannya dan tidak menyamarkan emosinya untuk selalu terlihat sempurna. Maka orang itu bisa menjadi seseorang yang kamu inginkan

10. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional - Psikologi Asmara: Alasan Kita Jatuh Cinta
photo via primaberita.com

Kecerdasan Emosional adalah kemampuan individu untuk mengenali emosi mereka sendiri dan orang lain. Membedakan antara perasaan yang berbeda dan melabelinya dengan tepat. Ini dapat membantu hubungan romantis karena menawarkan perasaan dipahami oleh pasangan.

11. Misteri

Agak aneh mungkin, namun terkadang kita cendrung terpikat dengan teka-teki. Ada rasa keakraban yang kita rasakan dari seseorang yang baru saja kita temui atau kenal. Mereka membuat kamu merasa istimewa atau menonjolkan kualitas unik kamu yang tidak pernah kamu sadari. Kamu mungkin terpesona dengan teka-teki itu dan mungkin merasa nyaman dengannya dan ingin melanjutkannya. Itu adalah perasaan yang mungkin kamu suka dan jatuh cinta.

12. Perasaan Bahagia

Kamu merasa gembira saat dia ada. Kamu merasa sangat baik sehingga kamu tidak ingin perasaan itu berhenti. Tahukah kamu jika ada beberapa bahan kimia yang membuat kita merasa nyaman seperti serotonin, oksitosin dan dopamin yang dilepaskan saat kamu tertarik pada seseorang yang istimewa dalam hidup kamu. Bahan kimia ini akan membuat kamu merasa bahagia dan puas. Suasana hati yang meningkat, tenggelam dalam pikiran tentang seseorang yang spesial dan kegembiraan yang tak tertahankan untuk memulai hari baru adalah tanda bahwa kamu sedang jatuh cinta.

13. Kesepian

Kesepian - Psikologi Asmara: Alasan Kita Jatuh Cinta
photo via kumparan.com

Segudang pikiran yang kamu miliki dan berbagai emosi yang kamu alami setiap hari akan tersalurkan jika kamu memiliki satu orang yang layak untuk diajak berbagi. Seperti ketika kamu mendengarkan lagu saat diperjalanan atau melihat tempat yang indah selama liburan, kamu pasti ingin membicarakannya dengan seseorang. Kamu memang berbagi dengan teman-teman, tetapi salah satu dari mereka memberikan perhatian khusus pada apa yang kamu katakan, memahami kamu lebih baik daripada yang lain dan menjalani kebahagiaan itu bersama kamu.

14. Rasa Keseimbangan

Ketika kamu menemukan seseorang yang cocok dengan ketenangan dan stabilitas yang kamu bawa ke dalam hidup kamu sendiri, dia dapat meningkatkan emosi positif kamu. Keseimbangan emosional dalam suatu kemitraan dapat memungkinkan terciptanya lingkungan yang tenang yang dipenuhi dengan perasaan positif terhadap diri sendiri dan minat romantis seseorang.

15. Tanpa Alasan Sama Sekali

Seringkali kita mungkin tidak dapat menyebutkan alasan spesifik untuk jatuh cinta pada seseorang. Kamu jatuh cinta dan berbagi hubungan khusus yang ingin kamu ubah menjadi pengalaman seumur hidup yang tak terlupakan. Kamu merindukan orang itu dan ingin bersama mereka untuk menambah makna baru.

Itulah beberapa psikologi asmara alasan kita jatuh cinta. So, apa alasanmu jatuh cinta?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments