Setelah dirilis dalam bentuk preview bulan Maret lalu, Android O akhirnya dirilis di ajang Google I/O 2017. Di ajang tahunan Google ini, VP Engineering Google Dave Burke sendiri yang memperkenalkan sistem operasi dari penerus Android Nougat.

Dikutip dari TheVerge, Burke mengungkap bahwa ada banyak fitur baru yang akan dihadirkan oleh OS yang (katanya) akan dinamai Oreo ini. Setidaknya akan ada 5 fitur keren yang dibawa Android O ini untuk pengguna setia nantinya. Lalu fitur-fitur apa saja yang dimaksud ? yuk kita lihat dibawah ini

1. Fitur Notification Dots

fitur android o notification dots - Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

photo via : www.theverge.com

Fitur yang sekilas mirip dengan 3D Touch pada iOS ini kabarnya sangat pas untuk kamu yang gak suka ribet ngecek notifikasi dari aplikasi.

Dikutip dari TechRadar, fitur yang merupakan tahap lanjutan dari mekanisme swipe down untuk melihat notifikasi pada aplikasi ini cukup mudah digunakan. Pengguna kabarnya cukup menekan lama ikon aplikasi yang diinginkan, kemudian notifikasi dari aplikasi itu akan muncul semua. Termasuk notifikasi yang belum terbaca pun akan muncul. Seru kan? Tapi sayang, fitur ini kabarnya masih belum hadir di Android O versi beta. Jadi, buat kamu yang pengen menjajal keunggulan fitur ini maka bersabarlah dulu.

 

2. Fitur Smart Text Selection

fitur android o smart text selection - Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

photo via : www.androidpolice.com

Fitur yang merupakan pengembangan dari mekanisme copy-paste yang selama ini sudah digunakan oleh Android ini kabarnya akan memudahkanmu saat hendak mem-blok kalimat tertentu seperti alamat, nomor telepon atau restauran. Di versi Android lama, kamu perlu mengarahkan sendiri kata atau kalimat mana yang mau kamu blok dan copy-paste. Namun di Andorid O, kamu hanya perlu menekan satu kali saja dan secara otomatis kata yang ingin di copy-paste akan terblok. Mekanisme pengenalan frasa dan konteks yang bisa dibilang cukup pintar ini kabarnya hadir berkat teknologi Artificial Inteligence yang dibenamkan ke sistem operasi Android O. Wow…keren ya, jadi mudah untuk mengcopy-paste.

 

3. Fitur Picture-in-Picture

fitur android o picture in picture - Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

photo via : www.androidpolice.com

Menjawab kebutuhan pengguna yang makin doyan melakukan beberapa hal bersamaan, Android O pun dihadirkan dengan fitur baru bernama Picture-in-Picture. Fitur ini kabarnya akan memudahkanmu yang gemar melakukan beberapa hal sekaligus dalam smartphone, seperti misalnya nonton YouTube bersamaan dengan chatting bareng gebetan di WhatsApp atau LINE. Cara kerja fitur ini pun digamabrkan cukup mudah. Saat kamu membuka aplikasi YouTube misalnya dan menekan tombol Home maka video yang kamu tonton di YouTube akan otomatis jadi pop-up. Kamu bisa memindahkan jendelan pop-up tersebut ke mana pun di layar sesuai selera dan keinginanmu. Fitur ini kabarnya sudah tersedia sekarang di Android O versi beta.

 

4. Fitur Auto-Fill

fitur android o auto fill - Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

photo via : www.androidauthority.com

Kalau kamu termasuk pengguna yang suka lupa password atau bahkan nick name sosial media, maka berbahagialah dengan hadirnya fitur baru ini di Android O. Pasalnya, kini kamu gak perlu repot-repot mengingat semua nick name dan password dari sosial media yang kamu miliki di smartphone. Fitur baru ini akan mengisi nick name dan password sosial mediamu secara otomatis, sehingga proses log-in tak akan memakan waktu lama deh. Ahh…keren banget, yang sering lupa username atau password perlu fitur seperti ini.

 

5. Fitur Vitals

fitur android o vitals - Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

photo via : www.wired.com

Fitur ini merupakan kumpulan fitur yang bisa dibilang cukup vital dalam sistem operasi Android yakni soal performa. Dikutip dari AndroidAuthority, Android O dijamin akan jauh lebih hemat daya baterai. Konsumsi daya baterai sistem operasi dijamin akan lebih sedikit karena memang Android O dirancang ‘seringan’ mungkin untuk smartphone. Selain itu, Android O juga akan menghadirkan Google Play Protect yang merupakan machine learning untuk memindai 50 miliar aplikasi per harinya. Mekanisme ini akan sangat berguna terlebih jika ada aplikasi yang terbukti berbahaya. Secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung dicoret dari toko aplikasi Google Play.

Nah itulah tadi fitur-fitur dari Android O. Namun sayang, Google belum mengumumkan secara resmi kapan Android O ini mulai diluncurkan ke pasaran. Ada kemungkinan Android O ini akan hadir pada awal tahun 2018 mendatang di ajang Mobile World Congres.

Related Post :