Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing. Bahkan beberapa diantaranya, terobsesi melakukan perawatan untuk membuat wajah tampak glowing selamanya. Namun pada dasarnya, kulit yang sehat itu bebas dari berbagai permasalahan kulit seperti kusam, hiperpigmentasi, tekstur kasar, glowing dan segar.

Kulit glowing sendiri merupakan kulit wajah yang sudah terjaga kelembapannya, terhidrasi dengan baik dan teksturnya halus serta lembut sehingga mampu memantulkan cahaya. Ciri-ciri dari kulit glowing sendiri yaitu memiliki tampilan pori-pori yang samar, warna kulit merata dan tidak bermasalah dengan jerawat.

Sebenarnya tubuh manusia memiliki cara sendiri untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan glowing. Tapi pertambahan usia dan gaya hidup yang tidak sehat membuatnya tidak berjalan dengan ideal. Akibatnya, proses perbaikan jaringan kulit dan regenerasi sel-sel kulit wajah berjalan lebih lambat.

Buat kalian yang berencana memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi - 10 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Glowing
photo via detik.com

Cara pertama membuat kulit wajah terlihat sehat dan glowing yaitu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Perlu kalian ketahui, merawat kesehatan kulit tidak hanya dengan menggunakan produk skincare saja. Merawat kesehatan kulit juga perlu kalian lakukan dari dalam tubuh.

Apa yang kalian konsumsi sebenarnya turut berkontribusi terhadap kesehatan kulit. Ada banyak makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Namun alih-alih fokus pada jenis makanan tertentu, fokuslah pada pola makan yang sehat seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, memilih produk susu rendah lemak, mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan berserat serta membatasi makanan yang manis.

2. Minum Air Yang Banyak

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu mengkonsumsi air yang banyak. Sebab, kekurangan air pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisih, parahnya dapat menimbulkan kerutan di kulit wajah.

Maka dari itu, minumlah setidaknya 8 gelas sehari untuk membantu membersihkan tubuh dan kulit dari racun. Ingat, cara ini tidak akan berhasil dalam satu malam. Minumlah air secara tertaur dan lihatlah beberapa minggu kedepan.

3. Gunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Seperti yang kita ketahui tanpa menggunakan tabir surya atau sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan, kulit akan mudah terpapar sinar UV yang dapat merusak warna hingga sel di dalam kulit. Lihat saja orang-orang yang lupa atau jarang menggunakan sunscreen, mereka memiliki kulit wajah yang coklat dan terkesan kusam.

Oleh karena itu, sangat penting menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Walaupun membutuhkan waktu, penggunaan tabir surya setidaknya mampu mencegah perubahan warna kulit menjadi kusam. Selain menggunakan tabir surya, kamu bisa mencari tempat yang teduh ketika menunggu di suatu tempat, menggunakan pakaian panjang yang nyaman, topi dan kacamata hitam.

4. Istirahat Yang Cukup

Istirahat Yang Cukup - 10 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Glowing
photo via gramedia.com

Apa kamu sering begadang? Kurangnya waktu istirahat mampu membuat kulit wajahmu terlihat kusam lho. Meskipun kamu sudah rajin merawat kulit di malam hari secara rutin, tapi tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup hal ini bisa mempengaruhi.

Pada saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu memperbaiki sel dan jaringan, serta memulihkan kesehatan kulit. Selain itu, saat tidur juga menghasilkan sitokin yaitu senyawa yang membantu melawan infeksi.

Jika kamu kurang tidur, ada banyak risiko permasalahan kesehatan yang mengintai kulit seperti kulit kusam. Maka dari itu, usahakan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

5. Gunakan Krim Malam

Perawatan kulit wajah di malam hari wajib kalian lakukan, terlebih menggunakan krim malam. Krim malam ini mampu melembapkan, menenangkan dan memperbaiki kulit saat tidur. Hal ini tentu dapat meningkatkan warna kulit.

Tapi kamu tidak boleh sembarangan memilih krim malam terutama untuk mencerahkan warna kulit. Setidaknya ada beberapa kandungan krim yang baik digunakan pada malam hari yaitu retinol, AHA dan BHA, asam hialuronat dan vitamin E.

6. Rajin Menggunakan Sheet Mask

Buat kalian yang bekerja atau ruangannya ber-AC dan kamu berada di dalamnya selama berjam-jam, ini berisiko membuat kulit kusam dan rusak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan sheet mask.

Kenapa harus sheet mask? Karena sheet mask baik untuk menenangkan kulit yang sensitif atau meradang. Jenis masker ini cenderung lebih melembapkan.

Hal ini dikarenakan pelembap pada kertas masker akan disebar dan diserap langsung oleh wajah secara merata. Sebelum menggunakan sheet mask, pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu.

7. Melakukan Eksfoliasi Kulit Maksimal 2x Seminggu

Melakukan Eksfoliasi Kulit Maksimal 2x Seminggu - 10 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Glowing
photo via realfood.co.id

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing, kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit maksimal 2 kali seminggu. Kegiatan ini mampu membuat sel-sel kulit mati yang mengendap di kulit terangkat. Ingat, kamu tidak boleh melakukannya setiap hari karena dapat membuat skin-barrier pada kulit wajah menipis dan justru menimbulkan masalah kulit seperti kulit kering, iritasi, kemerahan dan jerawat.

8. Melakukan Pijat Wajah

Selain menggunakan sheet mask, cara merawat kulit wajah yang sehat dan glowing selanjutnya yaitu melakukan pijat wajah. Pijat wajah adalah salah satu perawatan yang melibatkan titik-titik tekanan pada wajah, leher dan bahu. Ada banyak manfaat dari kegiatan satu ini dimana salah satunya yaitu mencerahkan kulit.

Bahkan beberapa orang yang melakukan pijat wajah ini dapat merasakan kulit mereka lebih kencang dan segar. Kegiatan ini mungkin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Hasilnya, kulit wajah terlihat lebih cerah dan kencang berkat peningkatan produksi kolagen.

9. Tidak Merokok

Bukan rahasia lagi jika ada banyak hal yang berbahaya dari merokok. Kebiasaan tidak sehat ini pun dapat membuat kulit tampak kusam. Merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan meicu kerutan. Pasalnya, senyawa dalam rokok ini mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan terluat kulit. Akibatnya, aliran darah berkurang dan membuat kulit wajah tampak pucat.

Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing, hindari kebiasaan tidak sehat ini. Buat kalian yang merokok dan ingin berhenti, memang ini tidak bisa dilakukan langsung. Memerlukan proses panjang untuk melakukannya, namun jika kamu bersungguh-sungguh. Pasti kamu bisa menghentikan kebiasaan ini.

10. Mengelola Stres

Mengelola Stres - 10 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Glowing
photo via bfi.co.id

Di zaman sekarang ini mungkin banyak orang yang mengalami stres, frustasi atau sedih, hal ini memang tidak bisa dihindari. Tapi hal ini bisa berdampak pada kesehatan kulit, dimana kulit akan terlihat kusam. Bahkan jika stres berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih serius seperti berjerawat.

Kunci utama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing yaitu mengelola stres. Mendapatkan ketenangan pikiran, ternyata dapat mempengaruhi tingkat kecerahan kulit. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran yaitu meditasi, latihan yoga, melakukan hobi yang disukai, rutin berolahraga dan mengawali serta mengakhiri hari dengan hal yang menyenangkan.

 

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah yang sehat dan glowing. Kunci utama agar kulit terlihat sehat yaitu dengan menjalani hidup sehat. Selain hidup sehat, barengi dengan menggunakan rangkaian perawatan wajah yang sesuai dengan kulit.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments