Sudah merupakan hal yang lumrah saat kita melihat produk kecantikan yang mengandung madu. Bahkan ada banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Masu sendiri merupakan sebuah cairan kental dengan rasa manis yang dihasilkan dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam madu seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat dan bahan anti oksidan, membuat madu amat sering digunakan. Mulai dari bahan makanan, untuk kesehtan dan juga kecantikan. Buat kamu kususnya para wanita yang ingin memiliki wajah cantik, kulit kencang dan cerah, kamu bisa menggunakan bahan alami yang satu ini loh. Lebih lengkapnya, inilah deretan manfaat madu untuk kecantikan kulit wanita.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

1. Menangkal Radikal Bebas

Madu juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena madu memiliki kandungan yang dapat menangkal radikal bebas. Kamu bisa menggunakan madu sebagai toner dengan mencampurkan dua sendok teh lemon dan aplikasikan ke wajah.

2. Merawat Rambut

Madu juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti beragam vitamin, protein, antioksidan alami, antiseptik dan nutrisi. Banyaknya kandungan dalam madu bermanfaat untuk menyuburkan rambut, melembabkan rambut, mengatasi rambut rontok, mengatasi ketombe dan lainnya.

3. Sebagai Pelembab Alami Kulit Wajah

Kamu memiliki kulit kering ? kamu bisa melembabkan kulit wajahmu dengan menggunakan madu. Madu bisa digunakan sebagai pelembab alami karena molekul gula dapat menahan kandungan air pada kulit.Kamu bisa menggunakan madu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembab.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dapat melembabkan kulit, madu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Madu dikenal dengan kandungan nutrisinya yang banyak dan baik untuk kulit. Selain itu madu juga dapat meremajakan kulit.

5. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat madu untuk kecantikan memang banyak salah satunya yaitu mengecilkan pori-pori wajah. Madu mengandung kalium tinggi dimana dapat membantu membersihkan bakteri yang menyumbat pori-pori. Kamu bisa mengoleskan madu pada bagian wajah yang berpori-pori besar lalu diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Menyamarkan Flek Hitam

Selain digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Madu juga bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Madu mengandung banyak sekali mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor dan kalium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk perawatan kecantikan untuk menghilangkan flek hitam karena dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang akan membuat kulit kamu lebih cerah.

7. Melembabkan Bibir

Madu juga bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah maupun bibir kering. Selain itu kamu juga bisa memerahkan warna bibir dengan madu. Madu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, natrium, zat besi, fosfor, kalium, glukosa, magnesium serta folat. Kamu bisa langsung mengoleskan madu ke bibirmu dan diamkan selama 15 – 20 menit, setelah itu bilas dengan bersih.

8. Menghilangkan Komedo

Madu juga ternyata dapat menghilangkan komedo lho. Kamu hanya perlu memanaskan bagian bawah sendok dengan menggunakan api hingga madu menjadi hangat, lalu kamu bisa mengaplikasikannya pada hidung dan biarkan mengering. Setelah itu kamu bisa mengosok hidung yang sudah dilumuri dengan madu.

9. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Madu juga bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan anti-bakteri pada madu ini membuat jerawat dapat terangkat. Kamu bisa mengoleskan madu ke jerawat secara langsung, kamu bisa mengaplikasikannya setiap malam secara teratur.

10. Menghaluskan Wajah

Madu juga bermanfaat untuk menghaluskan wajah, madu memiliki antibakteri yang sangat baik. Sehingga madu bisa menjadi penghambat masuknya bakteri ke kulit dan dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada madu yang cukup baik membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.

11. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Madu juga membantu mencegah jerawat karena madu mengandung berbagai zat yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida di dalamnya. Madu memiliki efek anti radang untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

 

Related Post :