Bumi kita begitu luas dan dipenuhi berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan. Saking luasnya masih banyak hewan yang masih belum diketahui keberadaan dan jenisnya. Dari sekian banyak hewan yang telah diketahui keberadaanya, beberapa diantara mereka memiliki bentuk unik, aneh dan tak wajar yang saking anehnya, kalian pasti sangsi akan keberadaan mereka, apakah mereka benar ada ataupun tidak. Penasaran dengan hewan – hewan aneh ini? disunting dari brightside, berikut kami sajikan 13 jenis hewan teraneh di dunia yang bentuknya bisa membuat kalian takut dan tertawa sekaligus.

1. Kelinci Angora

kelinci angora 1024x903 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : twitter

Kalian mungkin mengira ini adalah domba, tapi bukan hewan ini adalah seekor kelinci, lebih tepatnya kelinci angora.  Seekor kelinci rumahan domestik yang dibesarkan untuk wolnya yang panjang. Bulu bulunya biasanya dilepas dengan cara digunting beberapa kali dalam setahun.

2. Ankole-Watusi

The Ankole Watusi 990x1024 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Ankole-Watusi, sering disebut sebagai Ankole Longhorn, merupakan jenis sapi yang dikenal dengan tanduknya yang sangat besar. CT Woodie, pemegang rekor banteng, menawarkan tanduk dengan panjang total 40,7 inci (103,5 cm).

3. Glaucus Atlanticus ( Naga Biru )

The Glaucus Atlanticus atau naga biru 1024x768 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Makhluk unik ini adalah seekor siput laut yang juga sering disebut sebagai “Naga Biru.” Hewan ini menggunakan pewarnaan khusus sebagai kamuflase saat mengapung di permukaan air.

4. Kumbang Kura-kura Emas

golden turtoise atau kumbang kura kura emas 1024x688 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Serangga ini mungkin pernah kalian lihat di sawah atau kebun. Dengan warna emasnya yang berkilauan serangga ini akan terlihat jelas diantara tumbuhan. Warna dari kura – kura emas ini bisa berubah-ubah antara emas dan coklat kemerahan tergantung apakah saat itu musim kawin ataupun saat ia merasa terancam.

5. Longnose Batfish

longnose batfish atau ikan kelelawar 1024x730 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Hewan yang hidupnya di laut ini memiliki bentuk tubuh yang berbentuk segitiga datar dan bibir berwarna oranye terang. Kalau dilihat, kesan pertama mungkin seperti seekor ikan yang memakai lipstik bukan ?

6. Pangolin (Trenggiling)

Pangolin alias trenggiling 1024x683 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : flickr

Hewan mamalia ini memiliki stuktur tubuh dari kepala hingga kaki seperti memiliki cangkang lapis baja, layaknya kulit pohon pinus berjalan.

7. Leptocephalus

Leptocephalus 1024x488 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Leptocephalus adalah larva dari belut. Pada fase ini, mereka tampak transparan karena kekurangan organ dan zat seperti jeli yang ada di tubuh mereka.

8. Squid Piglet ( Cumi Babi )

piglet squid alias c umi babi - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : brightside

Alasan mengapa hewan laut berwana oranye ini terlihat seperti sedang tersenyum adalah karena bintik pigmen yang berserakan di sekujur kulitnya.

9. Kepiting laba-laba Jepang

Japanese Spider Crab alias kepiting laba laba jepang 1024x517 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : flickr

Kepiting laut yang mengerikan ini dikenal sebagai yang terbesar di antara semua spesies arthropoda hidup dengan panjangnya yang bisa melebihi 15 kaki (4,5 m).

10 Lamprey laut

lamprey laut 1024x768 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : i2.wp.com

Seekor ikan parasit dengan tubuh silinder dengan penghisap tanpa rahang. Saat dewasa, tubuhnya bisa mencapai panjang hingga 47 inci (120 cm) dan berat 5.1 lbs (2,3 kg).

11. Sunfish (Mola mola)

sunfish 1024x683 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : fthmb.tqn.com

Ikan sunfish (atau Mola mola) memiliki tubuh yangbesar dengan berat bisa mencapai 2.205 lbs (1.000 kg). Sunfish suka menghabiskan hari – harinya berjemur di dekat permukaan air, seperti namanya.

12. Umbonia Spinosa

Umbonia Spinosa 1024x725 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : wikimedia

Serangga aneh ini memiliki tanduk yang besar di punggungnya yang bisa berubah ukuran untuk membantu serangga tersebut menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya.

13. Monyet saki

monyet saki 1024x864 - Ga nyangka, 13 Hewan teraneh di dunia ini emang beneran ada

sumber : flickr

Meskipun tubuh monyet jenis ini kecil dan berwarna hitam, kepalanya yang tebal dan dilapisi bulu putih pucat, membuatnya mudah untuk dikenali.

Baca Juga :

Related Post :