Indonesia termasuk dalam bagian negara yang dilewati oleh cincin api pasifik, oleh sebab itu ada banyak gunung berapi aktif di Indonesia. Dari sebanyak 127 gunung berapi aktif yang ada di Indonesia terdapat beberapa gunung berapi yang paling aktif hingga 2018 ini termasuk gunung agung yang berstatus awas hingga saat ini. Dimana empat gunung berstatus siaga dan 17 gunung berapi berstatus waspada.

Gunung berapi tidak hanya ada di daratam, namun juga ada di lautan. Berdasarkan aktifitasnya, gunung berapi digolongkan menjadi tiga yakni aktif, istirahat dan tidak aktif. Dan berikut ini merupakan gunung berapi paling aktif 2018 di Indonesia :

 

1

Gunung Agung

gunung agung - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : www.nytimes.com

Merupakan gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung yang terletak di kecamatan rendang kabupaten karangasem ini merupakan gunung bertipe stratovolcano, yang memiliki ukuran kawah yang sangat besar dan dalam. Gunung Agung merupakan gunung yang disucikan bagi umat Hindu di Bali pada umumnya.

Sesuai dengan predikatnya sebagai gunung tertinggi di Bali, puncak dari gunung berada di atas awan, dimana di puncak Gunung Agung kalian bisa melihat langsung puncak Gunung Rinjani yang ada di Lombok Timur. Gunung Agung meletus sebelumnya pada tahun 1808, 1821, 1843, kemudian letusan gunung agung yang paling dahsyat pada 1963 silam, dan terakhir, semenjak september 2017 yang lalau hingga awal 2018 ini aktifitas gunung agung terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini (11/1/2018) Gunung Agung masih berstatus Awas


2

Gunung Merapi

gunung merapi - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : news.nationalgeographic.com

Gunung merapi yang terletak di tengah pulau Jawa ini merupakan Gunung berapi aktif dengan ketinggian puncak hingga 2.968m. Secara administrasi dan geografis, gunung merapi terletak di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak tahun 2004 silam, kawasan hutan disekitar puncak gunung merapi menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Dalam catatan modern, gunung ini dikenal sangat aktif karena mengalami letusan setiap 2 hingga lima tahun sekali.


3

Gunung Sinabung

gunung sinabung - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : www.dailymail.co.uk

Gunung dengan ketinggian 2.451 meter ini terletak di dataran tinggi karo , kabupaten karo, Sumatera Utara. Setelah lama tidak aktif, Gunung ini kembali meletrus pada tahun 2010, dengan letusan terakhir terjadi pada bulan September 2013 dan berlangsung hingga kini. Sejak Juni 2015 yang lalu, Gunung Sinabung berstatus waspada.


4

Gunung Bromo

gunung bromo - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : www.travelwaw.com

Gunung yang berlokasi di Jawa TImur ini memiliki ketinggian 2.329 meter dari atas permukaan laut. Gunung bromo terkenal sebaga objek wisata utama di Jawa Timur dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pada 11 Juli 2016 yang lalu gunung bromo kembali erupsi dan mengakibatkan banda udara di tutup untuk sementara. Gunung Bromo mulai berstatus siaga sejak 5 Januari 2015 silam.


5

Gunung Egon

gunung egon flores - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : irisontheroad.com

Gunung ini terletak di kecematan Waigete, kabupaten Sikka, Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur, sekitar 30 km sebelah timur maumere. Gunung dengan ketinggian 1.703 meter diatas permukaan laut ini kembali aktif pada tahun 2006 yang lalu setelah terakhir kali meletus pada tahun 1925. Pada 3 Januari 2016 siang, status gunung unu danik dari level II ke level III.


6

Gunung Krakatau

gunung anak krakatau - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : www.travelshopturkey.com

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa


7

Gunung Kelud

gunung kelud - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : marinenaturetourism.blogspot.co.id

Gunung api yang satu ini terletak di Provinsi Jawa Timur yang merupakan perbatasan antara kabupaten Kediri, Blitar dan Malang yang berlokasi sekitar 27 km dari pusat kota Kediri. Gunung dengan ketinggian 1.731 mdpl ini sama halnya dengan gunung merapi, merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Tercatat, guung Kelud telah meletus sebanyak 30 kali sejak tahun 1000M, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 VEI ( Volcanic Explosivity ) dan letusan terakhirnya pada tahun 2014 yang lalu.


8

Gunung Talang

gunung talang - Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia hingga 2018 Photo via : www.gunungbagging.com

Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang.

Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatra Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007

Travistory & Teams

Travistory adalah media informasi anak muda yang menyajikan berbagai konten - konten video dan artikel unik & menari dari seluruh dunia

Artikel Terkait

Video Pilihan

Orang² Terkejut Melihat Laut ini Tiba² Menyemburkan Air Ke Angkasa Saat Dedekati Ternyata itu...... - Megejutkan! Air Laut Tiba - Tiba Menyembur di Bojonegoro

Megejutkan! Air Laut Tiba – Tiba Menyembur di Bojonegoro

Sebuah kejadian langka dimana sekumpulan air laut menyembur ke udara dalam jumlah besar. Video unik dan aneh ini direkam dari kapal yang akan mendekati fenomena tersebut. Kejadian aneh dan juga lan...

11 July 2018

More »