Setiap wanita atau pria pasti ingin memiliki hubungan yang awet. Namun sangat disayangkan bahwa beberapa hubungan gagal tanpa diperbaiki. Memiliki hubungan yang sehat tidak terjadi begitu saja, dibutuhkan waktu, sumber daya dan energi untuk berkembang.

Apa kamu pernah gagal dalam hubungan? Mungkin kamu bertanya-tanya tentang alasan mengapa hubungan bisa gagal atau mengapa hubunganmu gagal?

Perlu kamu ketahui, hubungan asmara tak selalu pelangi atau kupu-kupu. Setelah beberapa bulan menjalin hubungan, kenyataan mulai muncul. Dibutuhkan banyak usaha untuk membuat suatu hubungan berhasil, selain itu dibutuhkan dua orang untuk bekerja sama. Untuk menghindari kegagalan hubungan, penting untuk menemukan solusi yang tepat. Dengan begitu, ada peluang yang lebih baik untuk menyelamatkan hubungan yang bermasalah.

Setiap hubungan asmara pasti memiliki permasalahannya masing-masing. Mulai dari yang paling kecil, sedang hingga paling besar. Semua tentu sudah menjadi bumbu pelengkap dari perjalanan cinta. Tapi terkadang masalah itu tidak dapat diselesaikan dan berakibat hubungan asmara yang kandas. Nah, berikut ini ada beberapa hal-hal biasa yang bisa menjadi penyebab hubungan asmara kandas.

1. Kurangnya Waktu

Kurangnya Waktu - Hal-hal Yang Biasa Menjadi Penyebab Hubungan Asmara Kandas
photo via grid.id

Penyebab hubungan asmara kandas pertama yaitu kurangnya waktu. Masalah kurangnya waktu memang tidak bisa dihindari, sebab kita tentu memiliki kesibukan tersendiri. Tapi perlu kamu ketahui, segala sesuatu dalam hidup adalah tentang manajemen waktu. Mayoritas banyak pasangan yang tidak memberikan waktu pada hubungan asmara mereka.

Kamu tidak akan memiliki hubungan yang sukses tanpa memberikan usaha dan waktu-mu. Jika ingin sukses pada hubungan, maka luangkan waktumu untuk pasangan. Kamu bisa mengajaknya untuk menonton film favorit atau berjalan-jalan santai. Kurangnya waktu adalah salah satu alasan paling kritis mengapa hubungan gagal.

2. Kurangnya Kepercayaan Dalam Hubungan

Kepercayaan sangat penting dalam setiap hubungan yang sehat. Kurangnya kepercayaan dalam sebuah hubungan memiliki dampak ketidakharmonisan dalam suatu hubungan. Maka dari itu, alasan lainnya mengapa hubungan gagal dengan menyedihkan.

Kamu harusnya mempercayai pasanganmu terlepas dari kedekatan fisik atau kekurangannya. Jangan membatasi pasangan dengan pembatasan yang tidak perlu dan mementingkan diri sendiri. Cobalah belajar untuk mempercayai mereka kecuali kamu memiliki bukti yang kuat tentang perselingkuhan.

3. Tidak Ada Tujuan Yang Jelas

Mau dibawa kemana hubungan kita? Setiap hubungan perlu memiliki tujuan yang jelas sebelum memulainya. Pentingnya memperjelas suatu hubungan ini dapat membantu kedua pihak untuk mengetahui tentang apa sebenarnya persatuan itu. Beberapa tidak memperjelas hubungan mereka pada tahap awal, sehingga berakhir putus.

Pasangan kamu mungkin mengharapkan hubungan ini berakhir dalam pernikahan tanpa mengetahui bahwa motif kamu berbeda dari motifnya. Inilah sebabnya mengapa hubungan gagal. So, sangat penting menentukan hubunganmu sebelum memulainya. Buat pasngan kamu menyadari apa arti hubungan itu. Apakah akan berakhir dengan pernikahan atau tidak.

4. Hubungan Didasari Pada Hal-hal Materi

Hubungan Didasari Pada Hal hal Materi - Hal-hal Yang Biasa Menjadi Penyebab Hubungan Asmara Kandas
photo via presiden.co.id

Bukan hal baru lagi, kebanyakan orang jatuh cinta karena penampilan, prestasi atau materi. Kamu tidak memulai suatu hubungan karena kamu merasa pasangan kamu memiliki apa yang kamu butuhkan. Kamu jatuh cinta karena kamu mencintai dia. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui perbedaan antara cinta dan tergila-gila.

5. Tidak Ada Komitmen

Seberapa besar komitmen kamu dalam hubungan, hal ini akan menentukan keberhasilannya. Jika kamu tidak menunjukkan keseriusan dalam hubungan, pasti akan gagal ditengah jalan. Kurangnya komitmen dalam hubungan menjadi salah satu penyebab gagalnya hubungan. Komitmen adalah pilar penting dalam hubungan. So, tetaplah berkomitmen pada pasangan dan hindari berselingkuh jika kamu ingin melihat masa depan bersamanya.

6. Kamu Fokus Pada Masa Lalu

Kebanyakan orang terikat dengan hubungan masa lalu mereka. Faktanya, semakin kamu mengingat masa lalu maka semakin sulit kamu melupakan si “dia” dimana nantinya ini bisa berimbas pada hubunganmu yang sekarang. Terlebih jika kamu pernah membanding-bandingkan mantan dengan pacarmu yang sekarang. Siapa sih yang suka dibanding-bandingkan? Jangan biarkan hubungan masa lalu kamu menghancurkan hubunganmu saat ini. Jangan biarkan masa lalu kamu menjadi alasan mengapa hubungan asmara gagal.

7. Masalah Hidup

Masalah Hidup - Hal-hal Yang Biasa Menjadi Penyebab Hubungan Asmara Kandas
photo via parapuan.co

Masing-masing dari kita tentu memiliki masalah hidup yang dibawa. Terkadang, beban ini terlalu berat untuk ditangani oleh satu orang. Seperti masalah dalam keluarga atau masalah dengan hubungan masa lalu. Seseorang yang masih berhubungan dengan mantan dapat memicu ketidakpercayaan, kecurigaan dan kecemburuan, ini dapat membuat hubungan menjadi tegang.

8. Rutinitas Yang Membosankan

Kegembiaraan dalam suatu hubungan bisa mereda jika semuanya menjadi rutinitas. Ketika pasangan cenderung melakukan hal yang sama berulang kali, ada kemungkinan mereka berhenti berkembang sebagai pasangan. Salah satu dari kamu dapat memikirkan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan atau pergi berlibur untuk mempererat hubungan. Bicara tentang beberapa hal menyenangkan yang dapat kamu lakukan bersama untuk menghentikan rutinitas kamu.

9. Ketidaksetiaan

Cukup sulit untuk menjalin hubungan dan mempertahankannya, tetapi yang membuatnya semakin sulit adalah perselingkuhan. Ketidaksetiaan adalah perusak utama dan salah satu alasan penting dan menonjol mengapa hubungan asmara kandas.

Tidak mudah ketika seseorang ditipu. Ini dapat menyebabkan gejolak emosional sehingga orang yang dikhianati memilih untuk menjauh dari hubungan tersebut. Kamu akan menjadi tidak berguna untuk berada dalam suatu hubungan ketika kepercayaan telah rusak.

Komitmen membuat semua perbedaan ketika seseorang sedang jatuh cinta. Komitmenlah yang membuat seseorang terus memilih orangnya meskipun ada perbedaan atau kesulitan. Cobalah berempati dan hentikan perselingkuhan agar kesucian hubungan kalian tetap terjaga.

10. Kebiasaan dan Perilaku

Kebiasaan dan Perilaku - Hal-hal Yang Biasa Menjadi Penyebab Hubungan Asmara Kandas
photo via parapuan.co

Mencintai sesorang harus tanpa syarat, ini berarti bahwa kamu harus menerima dia apa adanya, kekurangannya dan semuanya. Namun, ada beberapa tingkah laku atau kebiasaan yang bisa sangat mengganggu hingga seseorang mungkin meninggalkan hubungan karena hal itu.

Hal lain yang juga dapat mengakhiri hubungan adalah pertengkaran di depan umum, omelan, kekerasan fisik, merendahkan pasangan, kecemburuan yang tidak wajar dan berbohong. Kita mungkin harus mengubah beberapa kekurangan kita untuk membuat pasangan kita bahagia. Jika kamu benar-benar mencintai pasangan, perubahan kecil seharusnya tidak sulit.

11. Kurangnya Komunikasi

Komunikasi teratur sangat penting bagi pasangan dan merupakan salah satu cara untuk terhubung.

Komunikasi yang buruk akan membuat pasangan akhirnya berpisah. Seseorang sering berasumsi apa yang dipikirkan pasangannya dan sayangnya, disinilah pertengkaran dan kesalahpahaman dimulai.

Buka diri kamu terhadap orang tersayangmu dan selalu beru tahu satu sama lain bagaimana perasaan kamu. Jika ada sesuatu yang dia lakukan yang tidak kamu sukai, beri tahu dia agar sadar.

12. Tidak Mendukung

Beberapa pasangan mengalami masalah dengan ambisi, tujuan atau karir mereka. Wajar jika setiap orang memiliki tujuan dan ambisinya sendiri. Tapi ini bisa menjadi sulit jika hal itu menyebabkan konflik dalam hubungan. Akan ada saat-saat karir seseorang terhalang karena lebih banyak waktu dengan pasangannya.

Untuk menghindari ketegangan dalam hubungan, yang terbaik adalah mendukung kepentingan satu sama lain. Sebuah hubungan akan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil ketika kamu saling mendukung.

Pikirkan seperti ini, ini untuk masa depan kalian berdua dan pada akhirnya kalian berdua yang akan mendapatkan manfaatnya. So, pastikan kamu tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dengan pekerjaan. Selalu sisihkan waktu untuk pasangan kamu.

 

Itulah beberapa penyebab hubungan asmara kandas. Ketika hubungan gagal, alih-alih menganggapnya sebagai kegagalan, itu harus kamu ambil sebagai pelajaran.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments