Saat ini, mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit. Sehingga membuat banyak anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan. Karenanya, banyak anak muda yang mencoba mencari ide bisnis dan mencoba berbagai bisnis kecil-kecilan untuk mendapatkan penghasilan.

Sekarang minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Selain itu, teknologi yang semakin berkembang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi untuk mengenalkan bisnis secara online. Tak perlu langsung bisnis besar, bisnis kecil-kecilan pun jika terus ditekuni dapat berkembang menjadi besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan bisa juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Namun seseorang yang ingin membuka bisnis harus mengetahui bisnis usaha apa yang ingin dilakukan dan mencari tahu peluang bisnis tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan yang tepat agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Tapi mungkin ada beberapa diantara kalian yang bingung menentukan ide bisnis usaha. Nah, berikut ini ada beberapa inovasi ide bisnis kecil yang bisa dicoba anak muda.

1. Bisnis Kue

Bisnis Kue - Inovasi Bisnis Kecil Yang Bisa Dicoba Anak Muda
photo via mbibisnis.com

Buat kamu yang hobi membuat kue, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha lho. Kue basah maupun kue kering banyak disukai oleh orang-orang. Selain itu, keberadaan kue dirumah juga menjadi salah satu kebiasaan sebagaian besar masyarakat. Jika kamu tertarik memulai bisnis kue, tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Kamu bisa memulainya dengan bisnis kecil-kecilan di rumah terlebih dahulu, lalu manfaatkan teknologi seperti media sosial sebagai sarana promosi atau jualan. Bisnis kue yang ditekuni dengan baik, pasti mampu berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan.

2. Bisnis Aksesoris

Sebagian wanita sangat suka menggunakan aksesoris untuk menunjang penampilannya. Maka dari itu, bisnis aksesoris ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi anak muda. Untuk memulai bisnis aksesoris ini, modal yang diperlukan todak terlalu besar. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membeli aksesoris di reseller. Nantinya aksesoris ini bisa kamu pasarkan secara online melalui media sosial atau aplikasi jual beli.

3. Blogger

Selanjutnya bisnis kecil yang bisa kamu cobain yaitu blogger. Blogger merupakan salah satu bisnis usaha yang dapat kamu coba jika kamu memiliki hobi atau kemampuan menulis yang baik. Kalian yang tertarik memulai bisnis ini, diperlukan modal berupa PC atau Laptop, jaringan internet dan situ blog. Bisnis ini membutuhkan rajin menulis dan reset keyword yang tepat. Nantinya kamu akan mampu mendapatkan pasif income perbulan yang bisa mencapai puluhan juta. Selain itu, kamu juga perlu membeli domain untuk menunjang blogger-mu. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini tidak boleh diremehkan karena cukup banyak blogger yang telah sukses memiliki penghasilan yang fantastis.

4. Bisnis Web Design

Bisnis Web Design - Inovasi Bisnis Kecil Yang Bisa Dicoba Anak Muda
photo via dkonten.com

Apa kamu memiliki bakat kreativitas dan menyukai kreasi-kreasi visual menggunakan komputer atau laptop. Tak ada salahnya mencoba membangun bisnis web design, bisnis ini juga termasuk sangat menjanjikan. Untuk mengawali bisnis ini, kamu harus mengetahui aspek-aspke tampilan dari website seperti kombinasi warna, elemen website, user experience dan software desain grafis seperti Adobe Photoshop. Untuk memudahkanmu mendapatkan klien, kalian bisa memanfaatkan online freelance market seperti freelancer.com, fiverr, upwork hingga sribulancer.

5. Bisnis Kuliner

Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan yangsangat tepat bagi para kaum milenial yang memiliki hobi memasak. Kamu bisa menciptakan menu baru yang unik berbeda dari yang lainnya. Yang perlu kamu perhatikan dalam berbisnis kuliner yaitu rasa dan kebersihannya. Yakinlah jika rasanya enak dan bersih, pasti banyak orang yang akan membelinya. Selain itu menentukan harga juga sangat penting.

6. Jasa Cuci Kendaraan

Jasa cuci kendaraan menjadi salah satu bisnis kecil yang bisa dicoba anak muda. Bisnis ini cukup menjanjikan karena seiring dengan jumlah kendaraan yang semakin banyak. Selain itu, banyak juga masyarakat memanfaatkan jasa cuci kendaraan dibandingkan mencuci kendaraannya sendiri. Oleh sebab itu, bisnis cuci kendaraan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Bisnis cuci kendaraan ini dapat dilakukan dalam skala kecil atau besar. Bisa juga dimulai dari skala rumahan dengan membuka di garasi rumah.

7. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis - Inovasi Bisnis Kecil Yang Bisa Dicoba Anak Muda
photo via snapy.co.id

Buat kalian yang memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis, kamu bisa memanfaatkan bakat kalian tersebut untuk menghasilkan uang dengan membuka jasa desain grafis. Modal yang paling penting untuk jasa ini yaitu keterampilan desain, aplikasi dan alat penunjang lainnya. Jasa yang ditawarkan dapat berupa desain logo, kartu nama, poster dan lainnya.

8. Jasa Fotografi

Jasa fotografi menjadi sebuah bisnis yang memang banyak dibutuhkan masyarakat saat ini. Apalagi jasa ini sangat dibutuhkan disaat musim pernikahan. Bagi kalian yang memiliki keahlian dalam fotografi, bisa mencoba mendirikan usaha jasa fotografi ini. Tak hanya fotografi, videografi juga bisa kamu tambahkan. Jasa ini tidak akan ada habisnya dalam kebutuhan masyarakat masa kini, karena biasanya dibutuhkan pada acara perkawinan, anniversary, ulang tahun, foto produk dan lainnya.

9. Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat bisa juga menjadi pilihan yang tepat terlebih kamu juga memiliki keterampilan akademik yang baik. Bisnis ini tidak perlu menghabiskan modal yang besar, kamu cukup memberikan ilmu pengalaman saja. Nantinya tentu kamu mendapatkan bayaran dari setiap siswa yang mengikuti les privatmu.

10. Laundry

Laundry - Inovasi Bisnis Kecil Yang Bisa Dicoba Anak Muda
photo via kumparan.com

Bisnis kecil selanjutnya yang bisa kalian coba yaitu laundry. Usaha yang menawarkan jasa cuci dan setrika pakaian ini cukup banyak diminat orang-orang terlebih kalian yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Jasa laundry ini banyak dimanfaatkan masyarakat di perkotaan. Maka dari itu, lokasi memulai bisnis ini sangat penting karena dapat menentukan keberlangsungan bisnis kedepannya. Selain itu, bisnis laundry ini juga memerlukan peralatan yang berkualitas agar dapat memberikan pelayanan yang baik. Diperlukan juga strategi pemasaran yang baik untuk menarik minat masyarakat. Kalian dapat menyebarkan brosur yang menawarkan promosi menarik di lingkungan laundry.

11. Menjadi Dropshipper

Jika kalian ingin membuka usaha tapi tidak memiliki modal, tak perlu khawatir karena masih ada jalan menuju roma yaitu dengan menjadi dropshipper. Seseorang yang tidak memiliki modal sekalipun bisa melakukan bisnis ini karena pada prinsipnya bisnis yang dilakukan dengan menjualkan atau memasarkan produk orang lain dengan nama toko sendiri. Pembeli yang membeli dari dropshipper tidak akan mengetahui siapa penjual awal atau asli dari produk tersebut. Yang terpenting saat melakukan bisnis ini adalah memiliki jaringan internet, alat komunikasi dan platform belanja online.

12. Ternak Ikan

Ternak Ikan air tawar baik itu ikan hias atau ikan konsumsi juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kini banyak orang yang tertarik memelihara ikan hias seperti ikan cupang, guppy dan mas koki. Untuk ikan konsumsi sendiri kalian bisa memelihara ikan lele, ikan nila, ikan mas hingga ikan gurame. Bisnis ini bisa kamu lakukan di halaman rumah atau belakang rumah. Namun kamu juga perlu mengetahui selera pasar, jenis ikan apa yang digemari masyarakat.

 

Itulah beberapa inovasi bisnis kecil yang bisa dicoba anak muda. Tak ada salahnya mencoba bisnis kecil-kecilan, jika dikerjakan dengan tekun pasti akan ada hasil yang kamu terima. So, jangan mudah menyerah ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments