Ransomware Wanna Cry adalah sebuah virus malware yang disebarkan oleh teroris cyber  yang mengatas namakan dirinya Shadow Brokers. Virus ini menyebar melalui koneksi internet, dan menyerang komputer dengan sistem operasi (OS) Windows. Virus ini akan mengunci semua file di komputer dan menyandera data-data penting yang ada di dalamnya, seperti data pemerintahan, data pasien di rumah sakit. Akibat penyebaran virus ini yang telah tersebar ke 99 negara, infrastruktur layanan umum seperti pelayanan rumah sakit di beberapa negara, termasuk telah menyerang RS Dharmais di Indonesia .

Dengan begitu berbahayanya virsus malware ini, kami mencoba memberikan sedikit tips untuk mencegah masuknya virus Wanna Cry ini ke komputer (PC) anda, dan jika sudah terlanjur kami juga akan memberikan cara mengatasi  serangan virus Wanna Cry ini.

lebih dari 100 negara terjangkit ini asal mula ransomware wannacry 750x326 - Komputermu Terkena Virus Ransomware Wanna Cry ?, Berikut Cara Mengatasi & Mencegah Virus ini

photo via : www.fixinfectedpc.com

Cara Mencegah Masuknya Virus Wanna Cry

Pertama kita membahas pencegahan virus ini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, nah berikut adalah cara sederhana yang diharapkan mampu mencegah masuknya virus ini kendalam PC sobat, silahkan diikut langkah langkah dengan seksama.

  1. Update Windows sobat dengan menggunakan Windows Updater.
  2. Block port 139, 445 dan 3389 (TCP dan UDP).
    • Buka Control Panel, pilih System and Security, pillih Windows Firewall.
    • Pilih Advanced Settings, pilih Inbound Rules (pada sisi kiri).
    • Lihat pada sisi kanana Inbound Rules dan pilih rule baru.
    • Pilih Port.
    • Pilih TCP terus masukkan port 139, 445, 3389 > Next > Block > Centang ketiga opsinya > Terus beri nama misal “139, 445, 3389, WannaCry TCP”.
    • Pilih Rule baru > Next > Port.
    • Pilih UDP
    • Masukkan port 139, 445, 3389 lagi > Next > Block > Centang ketiga opsinya > Terus beri nama misal “139, 445, 3389, WannaCry TCP”.
  3. Matikan fitur SMB V1 yang ada pada Windows.

Cara Mengatasi & Membersihkan PC yang Terkena Virus Ransomware Wanna Cry

Nah jika PC sobat sudah terlanjur terkena virus ini maka harus ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, berikut cara mengatasinya.

  1. Masuk ke Safe Mode.
  2. Klik Safe Boot dan pilih minimal.
  3. Pilih OK dan Restart PC sobat.
  4. Setekah direstart masuk ke program Control Panel pilih Folder Option pilih Show Hidden File dan klik Apply.
  5. Masuk ke msconfig pilih Startup dan Disable beberapa program yang menurut sobat mencurigakan, atau sobat merasa tidak mengenal program tersebut.
  6. Periksa folder untuk menemukan beberapa file yang mencurigakan di :
    “%TEMP%”
    “%APPDATA%”
    “%ProgramData%”
  7. Jika sudah menemukan folder atau file bernama Manna Cry silahkan dihapus.
    Cek direktori host file, karena bisa jadi corrupt dengan virus itu, letak dari hostnya adalah
    “C:\windows\System32\drivers\etc” Buka dengan notepad dan jika ada situs mencurigakan silahkan hapus saja.
  8. Disable safe mode dan restart.
  9. Setelah direstart, tidak akan ada “Decryption Tool” lagi, tapi sobat dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah.
  10. Sekarang sobat dapat lihat versi lama dari file yang terenskripsi.
  11. Hapus file yang berhubungan dengan virus tersebut.

Kunci terpenting dari mengatasi virus yakni dengan melakukan pencegahan yang dapat dimulai dengan cara paling mudah yakni waspada dan berhati-hati dalam berselancar di dunia maya. Itulah sedikit cara untuk mengatasi komputer yang telah terkena virus malware Ransomware Wanna Cry, semoga bermanfaat.

Related Post :