Anime dan manga Naruto telah berakhir dengan menyisakan banyak hal – hal menarik didalamnya, termasuk cerita klimaks dari Naruto yakni terjadinya Perang Ninja ke 4. Dalam perang dunia shinobi ke 4 ini juga terjadi banyak kisah memilukan seperti kematian ayah shikamaru dan kematian Neji dan masih banyak ninja lainnya. Walaupun deklarasi perang ini di mulai oleh Tobi ( Uchiha Obita ) saat pertemuan gokage, namun terdapat musuh utama (master mind) lainnya dalam perang shinobi ke 4 in seperti Uchiha Obito, Yakushi Kabuto, Uchiha Madara dan Kaguya Otsutsuki. Berikut kami sajikan bagaimana nasib ke 4 musuh utama ninja dalam perang shinobi ke 4 Naruto shippuden dikutip dari syihansrg.

1. Yakushi Kabuto

kabuto yakushi sage mode 750x423 - Mengejutkan, beginilah nasib akhir Madara dan musuh utama lainnya dalam perang dunia shinobi ke 4 Naruto shippuden

Kabuto merupakan satu satunya musuh yang tidak mati dalam perang ninja ke 4. Setelah terjebak dalam Izanami milik Itachi, Kabuto berubah menjadi orang yang baik dan menyadari semua kesalahannya. Ia yang menyelamatkan nyawa Sasuke saat Sasuke dibunuh oleh Madara.

Setelah perang berakhir, nasib nya memang tidak jelas, tapi akhirnya Orochimaru mengatakan pada Sasuke bahwa Kabuto mendirikan panti asuhan. Hal ini juga terlihat di Naruto Gaiden, ia bersama dengan kakak angkatnya Urushi bekerja sama untuk mengurus anak anak yang bernasib sama seperti dirinya dulu.

2. Uchiha Obito

Obito Uchiha Naruto wallpaper 19474 750x469 - Mengejutkan, beginilah nasib akhir Madara dan musuh utama lainnya dalam perang dunia shinobi ke 4 Naruto shippuden

Obito yang tadinya sudah mati karena Madara bertukar nyawa dengan nya kemudian dihidupkan kembali oleh Naruto menggunakan kekuatan Rikudou miliknya. Obito sempat membantu tim 7 saat bertarung melawan Kaguya. Saat Kaguya memiliki celah untuk membunuh Naruto dan Sasuke, Kakashi dan Obito datang untuk melindungi mereka berdua, serangan Kaguya tersebut mengenai Obito yang melindungi Naruto, sedangkan serangan nya yang satu lagi seharusnya mengenai Kakashi, tapi Obito memindahkan serangan tersebut ke dimensi lain menggunakan Kamui. Setelah terkena serangan tersebut, Obito perlahan berubah menjadi debu dan mati begitu saja, tapi sebelum mati, ia sempat memberikan nasihat kepada Naruto.

3. Uchiha Madara

uchiha madara senju chakra senjutsu 750x422 - Mengejutkan, beginilah nasib akhir Madara dan musuh utama lainnya dalam perang dunia shinobi ke 4 Naruto shippuden

Setelah berhasil berubah menjadi seorang Rikudou yang kekuatan nya hampir sama dengan Kaguya dan berhasil mengaktifkan Mugen Tsukuyomi, tapi tubuh Madara digunakan Zetsu Hitam untuk kebangkitan Kaguya. Tubuh nya diambil alih oleh Kaguya, bahkan juga dengan seluruh chakra dan kekuatan nya.

Hal ini menyebabkan Rinnegan Madara hilang dan karena mata Kaguya bukan Rinnegan melainkan Byakugan, tidak terlalu jelas juga kenapa Rinnegan nya bisa hilang. Saat Kaguya tersegel, ia dikeluarkan kembali dengan keadaan yang sangat lemah. Madara akhirnya mati untuk yang kedua kalinya, sesaat sebelum mati ia sempat berbincang dengan Hashirama.

4. Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki 750x422 - Mengejutkan, beginilah nasib akhir Madara dan musuh utama lainnya dalam perang dunia shinobi ke 4 Naruto shippuden

Sudah terlihat jelas dalam Naruto Shippuden episode 473-474 bahwa Kaguya akhirnya kalah dari tim 7 dan disegel kembali oleh Naruto dan Sasuke. Begitulah nasib akhirnya, ia disegel bersama sang anak, Zetsu Hitam. Dan sepertinya Kaguya tidak akan pernah bisa bangkit kembali karena tidak ada yang bisa untuk membangkitkan nya kecuali Naruto dan Sasuke, tapi tentu saja itu sangat tidak mungkin.

Baca Juga :

Ini dia kemampuan dan kekuatan “Jougan”, Doujutsu milik Boruto

12 Fakta Unik dan menarik Naruto menjadi hokage

[ video ] : 2 Hero baru DOTA 2 bakal muncul di update terbaru “The Dueling Fates”

Related Post :