Hampir semua berita mengenai Pak Ahok yang merupakan mantan gubernur DKI Jakarta ini memang selalu menarik banyak pihak, tak terkecuali orang – orang dari industri perfilm-an. Dan saat ini, salah satu kabar terbaru nya adalah adanya sebuah film karya sutradara muda Indonesia yakni Putrama Tuta yang baru saja menggelar launching teaser film baru miliknya. Film ini nantinya akan mengambil kisah biografi Pak Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama yang berjudul “A Man Called Ahok”.

Seperti yang diketahui, mantan gubernur DKI ini saat ini sedang mendekam di dalam penjaara. Namun sang sutradara muda ini tetap berusaha untuk berkarya menyajikan berbagai fakta unik dan menarik kehidupan ahok dari masih kecil hingga menjadi seorang gubernur dalam sebuah karya film biografi Ahok.

Film ini sendiri merupakan sebuah adaptasi buku biografi tentang ahok karya Rudi Valinka dengan judul yang sama. Tentu saja film garapan Putrama Tuta ini nantinya tidak akan berhubungan bahkan tidak menyentuh ranah politik sama sekali. Di dalam film ini hanya menceritakan bagaimana kehidupan dan perjuangan pak Ahok dari kecil hingga saat ini.

Sedikit informasi itu saja. pastinya membuat kalian makin penasaran bukan seperti apa filmnya nanti? Tapi sebelum kalian menonton film pak ahok ini, ada baiknya kamu tahu dahulu sedikit tentang fakta serta hal – hal unik dan menarik yang ada di film A Man Called Ahok berikut ini :

1. Merupakan film adaptasi buku yang berjudul “A Man Called Ahok” yang telah dicetak 1,5 juta buah

buku biografi ahok yang bejudul a man called ahok 750x750 - 10+ Fakta Unik dan Menarik Film "A Man Called Ahok"

photo via : tokopedia.com

Buku yang menjadi inspirasi dari film ini merupakan buku yang dibuat oleh salah seorang selebtweet yang bernama Rudi Valinka (@kurawa). Buku ini sendiri telah beredar sejak 4 Januari 2017 yang lalu dan bisa dibilang salah satu buku yang sukses beredar dipasaran. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah cetakan buku ini yang telah mnecapai 1,5 juta buah.

2. Karakter ahok di dalam film akan diperankan oleh VJ Daniel

Daam film ini, Ahok dewasa akan diperankan oleh artis sekaligus presenter yang telah lama melintang di dunia hiburan Indonesia yakni Daniel Mananta atau yang lebih dikenal dengan nama VJ Daniel. VJ Daniel sendiri memiliki kontur wajah yang has dan memiliki kemiripan dengan pak Ahok yang juga memiliki darah Tionghoa.

3. Ada dua orang yang memerankan karakter Ahok

Mungkin kamu bakalan agak sedikit bingung kenapa bisa 1 karakter diperankan oleh dua orang. Seperti yang diketahui salah satu pemeran dari Ahok adalah artis Daniel Mananta untuk karakter ahok saat ia telah dewasa. Karena cerita dari film ini merupakan biografi dirinya sejak kecil hingga dewasa, tentu saja akan ada 1 orang lagi yang akan memerankan peran ahok saat dirinya masih kecil yakni artis cilik Eric Febrian.

Baca Juga :

4. Film ini telah launching resmi untuk teasernya

launching resmi teaser film a man called ahok 750x500 - 10+ Fakta Unik dan Menarik Film "A Man Called Ahok"

photo via : kompas.com

Keseriusan pihak sutradara dan timnya dalam membuat film ini telah terbukti dengan adanya jumpa pers dan launching resmi mengenai teaser film ini beberapa hari yang lalu. Disana juga diperkenalkan beberapa artis yang memerankan berbagai tokoh yang ada di film tersebut. Kalau kamu belum sempat menonton teaser film A Man Called Ahok, kalian bisa menontonnya di link ini.

5. Menceritakan tentang kehidupan ahok dengan sang ayah

Salah satu tokoh sentral dalam film ini, selain ahok sendiri adalah ayahnya yang nantinya didalam ini selain tentang perjalan hidup Ahok, juga akan menjelaskan bagaimana hubungan antara Ahok dan juga ayahnya dalam pengembangan dan pembangunan karakter dari ahok ini sendiri.

6. Produksi film ini telah berjalan selama setahun lamanya

Film a man called ahok telah berjalan selama setahun lamanya 750x393 - 10+ Fakta Unik dan Menarik Film "A Man Called Ahok"

photo via : www.loop.co.id

Mungkin tak ada orang yang menyangka, namun film ahok ini telah digarap setahun lamanya. Hal itu bisa dilihat dari status awal sang penulis buku dalam salah satu media sosial yang mengatakan jika film A Man Called Ahok ini sedang dalam tahap penggarapan. Dan status tersebut dapat dilihat memiliki tanggal 29 April 2017. jadi bisa dibilang pada April 2017 atau setahun yang lalu, film ini sudah mulai digarap.

7. Sutradara harus bolak balik masuk penjara

Seiring berjalannya waktu dan proses produksi dari film, karena film ini mengenai sebuah biografi seseorang, tentu saja diperlukan keterlibatan dari orang tersebut. Nah dalam pembuatan filmnya, sang sutradara sendiri diketahui sering bolak balik untuk mengunjungi pak Ahok di penjara guna membahas mengenai film garapannya tersebut agar sesuai dan tidak melenceng dari kisah aslinya. Sperti yang kita ketahui, saat ini Pak Ahok masih berada di dalam rumah tahanan.

8. Bukan film pertama yang terinspirasi dari kisah Ahok

Siapa yang menyangka jika film ini bukan lah satu – satunya film yang terinspirasi dari mantan gubernur DKI tersebut. Sebelum film ini muncul, terlebih dahulu sebelumnya telah ada film tentang Ahok yang berjudul Anak Hoki. Film anak hoki sindiri dibintangi oleh banyak artis papan atas Indonesia seperti Maia Estianty, Tamara Geraldine,  Christ Laurent, Tina Toon, Fero Walandouw, dan Edric Tjandra

9. Pesan kusus Pak Ahok pada sutradara Putrama Tuta

Dalam beberapa kali kunjungannya ke dalam lapas untuk membahas film ini dengan pak Ahok, Sutradara Putrama Tuta selalu diingatkan dan diberikan pesan khusus oleh pak Ahok sendiri yakni “Jangan Bohong”. Jangan bohong yang dimaksudkan disini adalah agar sang sutradara membuat film ini apa adanya dan tidak menyentuh unsur politik sesuai dengan buku karya Rudi Valinka tersebut.

10. Tayang akhir 2018

Dalam perilisan teaser filmnya, pihak produksi film juga menyebutkan bahwa film ini nantinya akan segera dirilis dan mulai ditayangkan di bioskop – bioskop Indonesia akhir tahun 2018 ini. Semoga saja rencana tersebut bisa berjalan dengan lancar dan film ini bisa rilis tepat waktu.

11. Sutradara Putrama Tuta telah mengincar VJ Daniel sejak pertama film ini dibicarakan

teaser video official trailer film ahok 750x469 - 10+ Fakta Unik dan Menarik Film "A Man Called Ahok"

photo via : youtube.com

Putrama Tuta yang merupakan sutradara dalam film ini ternyata telah mengincar VJ Daniel sejak lama untuk ikut serta dalam film garapannya ini. Dirinya mengaku meskipun sudah banyak deretan nama artis terkenal yang disodorkan kepadanya, namun ia telah memilih Daniel Mananta sebagai pemeran tokoh Ahok dalam film “A Man Called Ahok” ini sejak dirinya pertama kali membicarakan tentang film ini.

12. Sulit untuk memerankan Pak Ahok

VJ Daniel selaku pemeran Pakahok dalam film biografi ini mengatakan bahwa dirinya mengalami kesulitan untuk memerankan karakter Bapak Ahok ini. Selain karena Pak Ahok merupakan seseorang yang masih eksis hingga sekarang, yang nantinya pasti akan ada berbagai kritikan kepadanya tentang kemiripan dirinya dengan Ahok dalam berbagai sikap dan kelakuannya. Selain itu, Daniel juga mengaku kesulitan untuk menggambarkan bagaimana esensi dari pak Ahok itu sendiri.

Related Post :