Pakaian adat merupakan salah satu bentuk dari identitas dan jati diri sebuah daerah. Sebab menjadi salah satu indentitas daerah atau bangsa, pakaian adat harus dijaga dengan baik dan sebagai warga yang baik kita wajib untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa tersebut. Penting juga untuk kita mewariskan budaya pada generasi penerus selanjutnya agar tidak lenyap apalagi sampai diakui oleh pihak lain.

Di Indonesia sendiri, pakaian ada umumnya digunakan untuk merayakan acara-acara istimewa atau acara lainnya. Karena dikenal memiliki beragam kebudayaan, setiap provinsi di Indonesia memiliki pakaian adat masing-masing. Dari sekian banyak pakaian adat Indonesia, berikut ini pakaian adat Indonesia yang paling populer

1. Baju Adat Aceh

Baju Adat Aceh - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via tribunnews.com

Pakaian adat Aceh adalah Ulee Balang, pakaian adat ini pada awalnya hanya digunakan oleh keluarga kesultanan. Sebab bahannya mewah yang dilengkapi dengan sulaman emas dan aksesoris berupa logam mulia asli. Namun sekarang siapapun dapat menggunakannya. Ulee Balang ini memiliki dua macam pakaian yaitu Linto Baro yang digunakan laki-laki dan Daro Baro yang digunakan perempuan. Ciri khas khusus yang dimiliki pakaian adat Aceh ini yaitu perpaduan dari budaya Melayu dan budaya Islam.

2. Baju Adat Sumatera Utara

Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via adatindonesia.org

Selanjutnya ada baju adat Sumatera Utara, provinsi satu ini memiliki banyak suku yang mendiami beberapa kawasan. Namun yang paling banyak dan menonjol adalah suku Batak. Disini kain tenunlah yang paling merajai. Kain ini diberi naman kain ulos dan selalau ada setiap acara adat. Selain itu, ada juga beberapa baju adat lainnya seperti Ragi Idup, Sitolu Tuho Boolean, Sibolang Pamontari, Situlo Tuho Nagok dan lainnya.

3. Baju Adat Sumatera Selatan

Baju Adat Sumatera Selatan - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via backpackerjakarta.com

Baju adat Sumatera Selatan bisa diaktakan memiliki salah satu pakaian adawa wanita tercanti di Indonesia. Yang mana baju adat ini menampilkan keanggunan dan keagungan kerajaan berbekal kejayaan Sriwijaya dahulu. Seperti raja dan ratu, baju adat Sumatera Selatan ini terlihat sangat mewah dan sangat mempesona. Berwarna dasar merah, pakaian tradisional ini biasanya digunakan untuk acara pernikahan adat. Siapapun akan terkesima melihat baju adat ini, dari hiasan pada baju dan hiasan kepalanya begitu mengesankan.

4. Baju Adat Bengkulu

Baju Adat Bengkulu - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via seringjalan.com

Pakaian adat Indonesia ini memiliki sedikit campuran bangsa Melayu. Bersulam emas dan dilengkapi dengan mahkota, baju ini disebut Melayu Bengkulu. Pakaian adar Bengkulu ini umumnya digunakan pada saat menikah saja. Untuk wanita bajunya adalah baju kurung berkain beludru berhiaskan koin emas sedangkan pria celana dengan sarung, jas hitam, alas kaki dan penutup kepala.

5. Baju Adat Lampung

Baju Adat Lampung - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via negerisatu.id

Meskipun penduduk lampu terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Namun penduduk asli Lampung masih cukup banyak dan baju adat mereka pun masih lestari hingga saat ini. Pakaian adat Lampung berwarna putih berlengan panjang, bawahannya menggunakan celana panjang hitam. Adatnya menggunakan sarung tumpal bersulam emas sehingga terlihat begitu mewah. Mereka juga menggunakan kain berhias ringgit untuk tampilan lebih anggun.

6. Baju Adat Banten

Baju Adat Banten - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via goodminds.id

Baju adat Banten untuk pria terdiri dari koko, kain batik serta selendang dipinggang dan penutup kepala. Pakaian wanitanya sendiri cukup sederhana dimana menggunakan kebaya serta hiasan kembang goyang di kepala.

7. Baju Adat DKI Jakarta

Baju Adat DKI Jakarta - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via orami.co.id

Meskipun zaman sudah modern, namun pakaian adat DKI Jakarta masih lestari hingga saat ini. Pakaian adat DKI Jakarta didominasi dengan busana tradisional Betawi, suku yang menjadi ikon kebudayaan Jakarta. Pakaian adatnya bernama Care Haji dan Care None Pengantin Cine, laki-laki menggunakan baju model koko dari beludru halus dan menggunakan Alpie atau penutup kepala dan sepatu pantofel. Sedangkan wanitanya menggunakan baju nuansa Cina dari kain satin halus, roknya berwarna gelap model duyung serta menggunakan sanggul agar lebih anggun.

8. Baju Adat Yogyakarta

Baju Adat Yogyakarta - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via vildadewi7.blogspot.com

Pakaian adat Yogyakarta disebut dengan dodotan dengan kain dodot 5 meter bermotif smene raja. Untuk riasnya sendiri menggunakan Paes Ageng, di dahi wanita dihiasi dengan warna hitam berpinggiram emas. Laki-lakinya menggunakan ukel ngore, cunduk mentul dan kuluk. Baju adat daerah ini sangat terkenal dan sering sekali digunakan di berbagai acara resmi seperti pernikahan.

9. Baju Adat Kalimantan Utara

Baju Adat Kalimantan Utara - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via daxgallery.com

Kalimantan Utara masih banyak dihuni oleh suku dayak, karena lokasinya masih berdekatan dengan Kalimantan Timur menyebabkan banyak dipengaruhinya budaya yang ada. Untuk pakaian adat, mereka masih memiliki kesamaan

10. Baju Adat Papua Barat

Baju Adat Papua Barat - Pakaian Adat Indonesia Paling Populer
photo via ragametnik.wordpress.com

Papua Barat merupakan provinsi yang letakknya paling ujung timur Indonesia. Pakaian adat Papua cukup unik dan sederhana karena menggunakan bahan alami dan pengolahan yang sederhana. Perlu diketahui, pakaian adatnya bisa membedakan antara wanita yang sudah menikah dan wanita yang belum menikah. Pakaian adat mereka bernama Ewer yang terbuat dari jerami kering. Tapi setelah berkembangnya zaman dan terpengaruh modernisasi, pakaian mereka menggunakan kain pada bagian atasnya. Untuk wanita roknya mengambil serat tumbuhan dan dirangkai menggunakan tali atas.

Nah, itulah beberapa pakaian adat Indonesia paling populer. Baju adat merupakan salah satu kekayaan kebudayaan Indonesia, maka dari itu tidak boleh dihilangkan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments