Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Tinggal di Jepang? Yang pertama kali terbayang adalah tingginya biaya hidup, disamping indahnya bunga sakura. Di Jepang, menjadi seorang ibu rumah tangga juga dianggap sebuah pekerjaan. Selain merawat keluarga dan rumah, perempuan juga harus bisa menghitung biaya hidup agar dapat menabung dengan jumlah besar. Mayoritas rumah tangga di Jepang adalah keluarga kelas menengah. Gaji bulanan pekerja kantoran biasanya hanya cukup untuk biaya hidup, selain itu untuk biaya sekolah anak-anak disana sangat mahal. Karena gaji suami tidak terlalu tinggi dan biaya hidup terlalu tinggi, maka ibu rumah tangga disana memiliki kebiasaaan untuk menghitung biaya mereka secara cermat untuk menghemat uang sebanyak yang mereka bisa. Berikut ini trik menghemat pengeluaran ala ibu rumah tangga di Jepang

yH5BAEAAAAALAAAAAABAAEAAAIBRAA7 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di JepangyH5BAEAAAAALAAAAAABAAEAAAIBRAA7 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

 

1. Mengambil Semua Gaji Secara Tunai

hemat ala ibu rumah tangga 1 30x20 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Photo via : www.adlermadrid.com

Meskipun gaji selalu dibayar tepat waktu ke rekening, biasanya mereka akan menarik semua secara tunai agar lebih mudah dikelola, karena uang yang ada di rekening lebih sulit untuk dikontrol dan dilacak pengeluarannya secara debit. Uang yang telah ditarik secara tunai lalu dipisahkan sesuai dengan kebutuhan ke dalam amplop terpisah atau money organizer, misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, bayar tagihan, transportasi atau untuk di tabung. Dengan cara itu, sudah pasti gaji bulanan akan langsung terpakai untuk hal yang memang sudah direncanakan sebelumnya. Untuk menjalankan tips hemat ini, perlu juga kamu meniru kedisiplinan dan komitmen para ibu rumah tangga di Jepang.

 

2. Targetkan Jumlah Tabungan

hemat ala ibu rumah tangga 2 30x16 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Photo via : www.aol.com

Untuk pengeluaran di masa depan, seperti liburan atau renovasi rumah, ibu rumah tangga di Jepang biasanya memecah target menabung ke dalam jumlah kecil yang harus dipenuhi setiap minggunya. Contohnya, untuk biaya renovasi sebesar 1 juta Rupiah, mereka menargetkan untuk menabung setidaknya Rp200.000 setiap minggu agar dana bisa terkumpul dalam waktu 5 minggu. Dengan begitu, menabung tidak terasa berat dan bisa dilanjutkan untuk target keperluan lainnya. Tips ini wajib dicoba untuk kamu yang sering sulit menabung karena merasa terbebani dengan jumlah yang besar.

 

3. Simpan Uang Koin

hemat ala ibu rumah tangga 3 30x17 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Photo via : money.cnn.com

Uang koin yang biasanya terbuang atau buru-buru kamu belanjakan ternyata bisa menjadi harta karun yang disayang oleh ibu rumah tangga di Jepang. Mereka tidak pernah lupa untuk memasukkan uang koin sisa belanja ke dalam celengan yang sudah disediakan di rumah. Walapun terlihat sepele, namun kamu akan terkejut dengan jumlah yang nantinya terkumpul selama setahun. Jadi jangan pernah sepelekan uang koin ya, uang koin juga bisa menjadi aset untuk menambah tabungan.

 

4. Membandingkan Harga Barang Dari Semua Merek

hemat ala ibu rumah tangga 4 30x17 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Photo via : www.heraldsun.com.au

Sebelum membeli barang, mereka selalu meluangkan waktu untuk membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran, untuk melihat pilihan mana yang akan memberikan harga dan value terbaik. Contohnya, daripada setiap hari membeli makan siang di luar, membawa bekal selama 3 hari dalam seminggu saja bisa menghemat gaji lebih dari 4 juta rupiah setiap tahunnya. Jika kalian rutin minum kopi di cafe ternama, tak ada salahnya kalian pindah ke cafe lokal yang rasanya tak kalah nikmatnya untuk menghemat hingga 1 juta rupiah dalam setahun.

 

5. Membawa Daftar Belanja Sebelum Ke Supermarket

hemat ala ibu rumah tangga 5 30x17 - Perlu Kamu Tiru !!! Berikut 5 Tips Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Di Jepang

Photo via : www.clevernotes.ie

Tanpa disadari, salah satu hal yang paling sering membuat gaji cepat habis adalah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Para ibu rumah tangga di Jepang selalu membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket untuk menghindari pembelian barang yang tidak direncanakan. Biasanya saat kamu berkeliling di supermarket, kamu jadi gampang tergiur dengan diskon, promo atau membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Sesampainya di sepermarket, ibu rumah tangga di Jepang segera membeli semua barang yang diperlukan dan langsung membayar di kasir.

 

Sebenarnya trik hemat ala ibu rumah tangga di Jepang ini sederhana, hanya saja harus dilakukan secara konsisten agar nantinya kamu mendapatkan hasil yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, selamat mencoba !

 

Baca Juga :

Susah ngeringin sepatu karena musim hujan? Begini cara mudah mengeringkan sepatu tanpa dijemur
Suka main smartphone malam – malam ? Begini caranya agar matamu tidak cepat rusak
Kamu tipe orang yang gampang khawatir ? Ikuti cara ini untuk melatih otakmu berhenti khawatir yang berlebihan


Sugoi! Ini dia hal aneh yang cuman ada di Jepang, siap – siap buat...

Siapa sih yang masih meragukan kecerdasan Jepang?, Negara yang terkenal dengan berbagai inovasi y...

Rental pacar! Beberapa pekerjaan aneh di Jepang ini punya gaji yang ting...

Jepang memang beda, selalu saja ada inovasi dan penemuan baru yang terkadang bersifat unik dan an...

Ihh Serem!!! Inilah Jenis-jenis Hantu Yang Menemani Hari-harimu Tanpa Ka...

Apa sih hantu itu? Konon, hantu itu semacam energi dari jiwa seseorang atau hewan yang pernah hid...

Sebelum Menikah, Ada Baiknya Kamu Melakukan Vaksinasi Ini, Agar Kelak Ka...

Pernikahan adalah sebuah komitmen besar yang membutuhkan banyak pengorbanan. Tidak hanya masalah ...

Kamu suka horror ? berani ngunjungin 10 tempat paling menyeramkan di dun...

Pernah ga ngerasa kalau hidup kalian agak kurang bergairah, malas ga ada tantangan sepertinya ?...

Apa Jadinya Jika Film Disney Dibuat Pada Tahun 2017 ?

Seorang graphic artis Tom Ward, memiliki banyak hal yang ingin dikatakan tentang keadaan dunia pa...