Kalau sudah lagi asik main pasti lupa waktu, begitu juga kalau kita sudah pegang smartphone bisa lupa jika sudah malam hari. Hanya saja apabila kecenderungan kita menatap layar smartphone terlalu lama akan membuat mata kita tegang dan apabila terus meneerus dapat menyebabkan kerusakan pada mata kita.

Kondisi cahaya normal saja bisa membuat mata kita terasa tegang jika terlalu lama menatap layar smartphone, apa lagi kalau kamu sambil gelap-gelapan main hape-nya dalam kamar, wah kalau sering – sering bisa bahaya itu. Tetap saja apapun yang dilakukan terlalu berlebihan pasti kurang bagus, hanya saja apabila aktifitas tersebut tidak terelakkan dimana kita harus melakukan aktifitas di depan layar smartphone dalam kondisi yang gelap dalam waktu yang lama, coba deh kamu manfaatin fasilitas yang ada di smartphone ini agar matamu tidak cepat rusak saat menggunakan smartphone saat malam hari ataupun di area yang kurang cahaya ( gelap ).

Sebelumnya fasilitas fungsi ini dipopulerkan oleh iOS 9.3, namun sekarang fungsi “Night Mode” telah tersedia dibanya smartphone. Fungsi ini memungkinkan menerapkan filter ke layar demi mengurangi ketegangan mata saat menatap layar dan juga mengurangi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone. Kali ini Travis bakalan kasih tahu bagaimana caranya menggunakan fitur night mode pada smartphone kamu.

1. Smartphone Android dengan OS Nougat

Night mode pada android nougat 1024x480 - Suka main smartphone malam - malam ? Begini caranya agar matamu tidak cepat rusaksumber : gadgethacks

Google menyadari betul pentingnya kenyamanan bagi para pengguna android, untuk itu mereka menyematkan fungsi “PIXEL” mereka pada android mereka yang terbaru seri Nougat. Untuk mengaktifkannya sangat mudah, kalian cukup pergi ke menu Settings > Display > Night Light. Selain mengaktifkannya secara langgsung, kalian juga bisa mengatur fitur Nigth Mode agar mati otomatis pada waktu tertentu layaknya jam alarm.

2. Smartphone model lain yang belum menggunakan OS Nougat

Setting mengaktifkan Night mode pada android nougat 1024x769 - Suka main smartphone malam - malam ? Begini caranya agar matamu tidak cepat rusaksumber : androidcentral

Setelah adanya update penambahan fungsi Night Mode pada Android Nougat, sejumlah produsen ponsel seperti Honor, Asus, Huawei, dan Samsung mulai menerapkannya juga pada ponsel mereka. Pada umumnya, untuk mengaktifkan fasilitas ini kalian cukup pergi ke bagian “setting” untuk mengaktifkannya.

3. Fitur Night Mode Dengan Aplikasi di Play Store

bluelight filter aplikasi night mode di play store - Suka main smartphone malam - malam ? Begini caranya agar matamu tidak cepat rusaksumber : playstore

Selain built in pada OS android, kalian juga bisa menggunakan aplikasi tambahan dari Play Store untuk memakai fitur Night Mode ini. Salah satu aplikasi yang populer adalah Bluelight Filter. Dengan aplikasi ini kalian bisa menggunakan fungsi Night Mode layaknya pada OS Nougat, hanya saja dengan lebih banyak pilihan baru seperti tujuh varian warna filter, jalan pintas di layar awal, widget pemberitahuan di layar, dan jadwal waktu aktivasi.

Nah, itu dia cara menggunakan fitur Night Mode pada Android yang bisa kamu gunakan untuk menjaga matamu agat tidak cepat rusak dan tetap dalam kondisi prima. Meski begitu, istirahat itu perlu ya sobat Travis, jika matamu memang sudah terasa lelah, jangan dipaksakan, istirahat saja.

Bca juga :

Related Post :