Ajang tahunan Google I/O 2017 resmi digelar sejak kemarin (19/5). Teknologi raksasa dunia ini sudah membuka acara tersebut dengan memperkenalkan sejumlah trobosan baru yang akan membuat dunia terbelalak. Berikut ini trobosan paling keren yang dihadirkan di Google I/O 2017 :

1. Android O resmi dirilis, ada 5 fitur yang diusungnya

Android O resmi dirilis, ada 5 fitur yang diusungnya

photo via : medium.com

Digelaran Google I/O 2017 juga resmi dirilis sistem operasi Android terbaru yaitu Android O. Setelah hadir dalam mode preview pada bulan Maret lalu, Android O resmi dirilis dan diumumkan akan mulai hadir pada akhir 2017 atau paling lama hingga 2018 mendatang. Setidaknya ada 5 fitur yang dibawa oleh Android O ini. Fitur tersebut antara lain Picture-in-Picture, Notification Dots, Smart text Selection, Auto-Fill dan terakhir fitur perbaikan performa yang terangkum dalam perbaikan Vitals.

Baca juga : Android O Resmi Dirilis, Fitur-fitur Keren Apa Saja Yang Dibawa ?

 

2. Google Photos bawa fitur baru, bisa langsung bagi foto tanpa perlu dikirim. Hah…Gimana caranya?

 Google Photos bawa fitur baru, bisa langsung bagi foto tanpa perlu dikirim

photo via : www.theverge.com

Selain menghadirkan fitur baru bernama Google Lens, di Google I/O 2017 juga memperbarui Google Photos. Layanan penyimpanan awan khusus foto ini kabarnya bawa sejumlah fitur baru buat kamu generasi yang gak mau ribet. Kini ada fitur baru bernama Suggested Sharing yang bisa langsung membagikan foto-foto yang kamu jepret bersama kawan-kawan tanpa perlu dikirim.

Mekanisme fitur ini menggunakan teknologi machine learning dan artificial intelligence di mana fitur akan secara otomatis mengenali setiap wajah di foto. Secara otomatis sistem akan mengingatkanmu untuk mengirim atau membagikan foto tersebut ke akun Google Photos orang yang terdeteksi wajahnya di foto.

Selain itu, Google Photos juga dilaporkan hadir dengan fitur baru buat kamu pasangan suami istri. Fitur bernama Shared Library ini secara otomatis akan mengirim setiap foto yang diambil ke smartphone pasangan. Kamu bisa memilih foto apa saja yang bisa terkirim secara otomatis ke smartphone pasangan, jadi gak semua foto deh bisa terkirim.

Terakhir, Google Photos juga menghadirkan fitur bernama Photo Books yang merupakan mekanisme cerdas untuk mencetak tiap foto momen berhargamu dalam bentuk fisik. Fitur yang baru akan hadir di Amerika ini, gak gratis.

3. Google Lens, teknologi pintar yang bikin kamu tahu informasi cuma dari foto

Terobosan pertama paling keren yang hadir di Google I/O 2017 adalah Google Lens. Google Lens sendiri adalah gabungan dari teknologi machine learning dan artificial intelligence yang fungsinya ditopang oleh kolaborasi dengan Google Assistant dan kamera smartphone.

Cara kerja teknologi baru ini kabarnya cukup mudah dan unik, di mana kamu bisa tahu informasi di sekitar lewat foto saja! Dengan teknologi ini, kamu hanya perlu memotret satu bangunan misal restoran atau toko dan secara otomatis akan tampil informasi lengkap terkait rating atau menu apa saja yang disediakan juga jam buka dan tutupnya.

Teknologi baru ini juga memungkinkanmu tak perlu lagi memasukkan username dan password saat akan terhubung ke jaringan WiFi. Cukup potret atau scanning stiker router WiFi, Google Lens akan langsung mengaktifkan WiFi di perangkatmu.

 

4. Google juga luncurkan fitur Smart Reply yang bikin kamu bisa balas email tanpa ketik, Duh…canggihnya

 Google juga luncurkan fitur Smart Reply yang bikin kamu bisa balas email tanpa ketik

photo via : www.effextech.com

Tidak ketinggalan Gmail juga jadi salah satu produk Google yang kedatangan fitur baru tahun ini. Di Google I/O 2017, Sundar Pichai CEO Google umumkan kalau kini kamu pengguna bisa balas email yang masuk ke Gmail tanpa mengetik. Lho kok bisa?

Ini berkat kehadiran fitur bernama Smart Reply yang lagi-lagi didukung teknologi machine learning dan artificial intelligence. Fitur ini bisa membuatmu gak perlu ngetik lagi kalau mau balas email, karena sistem yang akan membalasnya untukmu. Balasan akan disesuaikan dengan kebiasaanmu membalas email selama ini. Canggih banget!

 

5. Google juga rilis OS baru si Android Go yang diklaim ramah untuk smartphone berspesifikasi rendah

Google juga rilis OS baru si Android Go yang diklaim ramah untuk smartphone berspesifikasi rendah

photo via : www.theverge.com

Selain perkenalkan Android O, Google gak ketinggalan juga memperkenalkan Android Go. Sistem operasi baru yang sebenarnya adalah versi hemat data dari OS Android O ini diklaim sangat pas untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

Ditujukan untuk wilayah dengan koneksi internet rendah, Android Go diklaim bisa bekerja dengan maksimal bahkan di smartphone dengan memori minimalis dan RAM terbatas. Segala aplikasi bahkan Google Play juga hadir dalam versi lite alias hemat data di OS Android ini.

 

6. Google perlebar jangkauan Daydream, bisa nikmati VR tanpa smartphone

google vr - Trobosan Paling Keren Yang Hadir di Google I/O 2017

Ambisi Google perlebar jangkauan Daydream kian nyata. Di Google I/O 2017, Google umumkan kerjasama bareng HTC dan Lenovo di mana untuk menikmati konten VR nantinya pengguna gak perlu pakai smartphone atau PC. Menggunakan teknologi yang oleh Google disebut dengan WorldSense, kamu bisa menikmati konten VR yang nyata dan lebih megah.

 

7. Terakhir, Google akhirnya hadirkan Google Assistant ke iPhone

Google akhirnya hadirkan Google Assistant ke iPhone

Serasa mau menyaingi keberadaan SIRI, Google akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Google Assistant ke iPhone dan iPad. Asisten pintar itu akan hadir sebagai aplikasi di perangkat berbasis iOS. Cara kerjanya gak jauh beda kok dari Google Assistant jika digunakan di Allo dan atau perangkat lainnya. Asyiknya lagi, Google Assistant sudah bisa dinikmati mulai hari ini di iPhone atau iPad. Gak perlu nunggu lama-lama.

Itulah tujuh terobosan paling keren yang hadir di Google I/O 2017. Kalau kalian cermati, dari semua terobosan yang digunakan Google memang amat mengandalkan machine learning dan artificial intelligence pada semua produk barunya.

Related Post :