Indonesia menjadi salah satu negara tropis yang dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah, tak heran jika pemandangan alam yang disuguhkan membuat siapa saja yang melihatnya ingin mengunjunginya. Setiap pulau yang ada di Indonesia memiliki objek wisata uniknya masing-masing bergantung pada kondisi geografi dan budaya daerah tersebut. Jika kamu ingin berlibur dalam waktu dekat ini, maka objek wisata ini wajib di masukkan ke dalam bucket list kamu dan nikmati keindahan alam yang melimpah di lokasi ini. Berikut ini daftar objek wisata menarik di Indonesia.

1. Belitung, Belitung Timur – Kepulauan Bangka Belitung

Belitung - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via tiket.com

Objek wisata menarik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi yaitu Belitung. Belitung sendiri adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera dan dikenal pantainya yang masih asli dan perairannya yang tenang. Disini terdapat sebuah kota terbesar yaitu Tanjung Pandan yang menampilkan arsitektur kolonial Belanda dan pelabuhan berwarna-warni.

Terdapat juga Pulau Lengkuas yang menjadi salah satu pulau lepas pantai yang memiliki mercusuar abad ke-19. Apa kamu termasuk orang yang suka bermain air? Nah, kamu bisa cobain snorkeling disekiar pantai. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbebamnya dari Pantai Tanjung Tinggi.

2. Bukit Warinding, Sumba Timur – Nusa Tenggara Timur

Bukit Warinding - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via tripsumba.com

Setelah suntuk dengan pekerjaan yang tidak ada akhirnya, tak ada salahnya kamu merilekskan pikiran dengan berlibur. Tapi kamu bingung ingin pergi kemana? Nah, coba deh kamu mengunjungi bukit warinding. Objek wisata ini berada di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Ketika kamu sampai ditujuan, kamu akan disuguhi dengan davana terindah di Sumba. Pesona alamnya akan membuat kamu merinding terutama kamu yang baru pertama kali melihatnya.

Di sepanjang mata memandang, pemadangan alam yang sangat indah dengan hamparan savana atau rerumputan hijau terbentang luas. Tapi mungkin kamu akan mengira menunju kesana akan melelahkan, tak perlu khawatir sebab lokasinya berada tepat di tepi jalan raya lintas Sumba. Ada momen yang tak boleh dilupakan juga ketika kesini yaitu melihat matahari terbit atau matahari terbenam.

3. Candi Borobudur, Magelang – Jawa Tengah

Candi Borobudur - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via fatek.umsu.ac.id

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia. Tak hanya memiliki makna keagamaan saja, tapi juga dikagumi karena keindahan arsitekturnya yang membuatnya menjadi objek wisata menarik di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar abad ke-8, candi ini terdoro dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar.

Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 relief dan terdapat 504 arca Budha. Hingga saat ini Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan, tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul untuk memperingati Waisak.

4. Danau Kelimutu, Flores – Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via kelimutu.id

Siapa yang tidak mengenal Danau Kelimutu? Danau ini terkenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih. Tapi terkadang warna danau tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Danau Kelimutu ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Para penduduk di sekitar danau ini percaya, bahwa pada saat danau berubah warna maka mereka harus memberikan sesajen bagi orang-orang yang telah meninggal. Selain itu, danau ini dipisahkan oleh dinding kawah yang menjulang dengan ketinggian minimal 35 mdpl.

5. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via kemenparekraf.go.id

Objek wisata menarik di Indonesia selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Danau Toba. Danau yang memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman 508 meter ini menjadi danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini terbentuk akibat dari letusan gunung berapi yang memicu perubahan iklim global.

Di Danau Toba ini panroama danau yang memukau akan kamu dapatkan, keindahan pemandangan deretan pegunungan dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata disuguhkan. Disini ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan salah satunya menyewa kendaraan untuk mengitari kawasan Pulau Samosir.

6. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via travel.kompas.com

Dataran Tinggi Dieng sering sekali menjadi tranding topik di media sosial. Objek wisata ini dikenal dengan fenomena alamnya yang berupa embun upas atau fenomena kristal es yang muncul di kawasan Dieng. Walaupun cukup terpencil, dataran tinggi Dieng ini memiliki sejumlah bangunan peninggalan abad ke-8 masih dapat ditemukan. Diperkirakan bangunan-bangunan ini berasal dari masa Mataram Kuno awal. Selain itu, disini juga terdapat kawah-kawah aktif yang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik.

7. Desa Wae Rebo, Manggarai – Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via indonesia.travel

Objek wisata satu ini mungkin pernah kamu lihat di media sosial beberapa waktu lalu. Pesona dari Desa Wae Rebo ini akan membuatmu takjub. Desa ini lokasinya cukup jauh dari perkotaan, terletak sekitar 1.100 mdpl dan untuk mengunjunginya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki dari Desa Denge.

Meskipun cukup jauh, desa ini dikelilingi dengan pegunungan yang indah dan hutan todo yang rindang. Namun perlu di ingat, disini tidak ada jaringan seluler dan listrik pun hanya tersedia dari jam 6 hingga 10 malam. Berada di atas bukit, udara disini cenderung dingin. Salah satu hal unik dan menjadi ciri khas dari Desa Wae Rebo ini yaitu rumah adat Mbaru Niang yang tinggi dan berbentuk kerucut serta di tutupi ilalang lontar.

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via indo1.id

Beberapa belakangan ini Gunung Bromo memang menjadi trending di media sosial. Tempat ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung Bromo ini memiliki ketinggian sekitar 2392 mdpl. Terdapat kawah juga yang menjadi objek utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai bibir kawah, para wisatawan harus menaiki tangga yang cukup panjang. Tapi semua kelelahan akan terbayar dengan pemadangan yang sangat indah terlebih ketika matahari terbit atau terbenam.

9. Gunung Rinjani, Lombok – Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via liputan6.com

Selanjutnya, objek wisata menarik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi yaitu Gunung Rinjani. Gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini sangat cocok dikunjungi buat kalian yang gemar mendaki. Gunung ini dikenal dengan pesona alamnya yang memiliki puncak bernama Puncak Dewi Anjani dan danau kawah bernama Segara Anak. Ketika sampai diatas puncak, para pengunjung akan menikmati pemandangan Gunung Tambora, Gunung Agung, Gunung Baru Jari dan Segara Anakan di bawahnya.

10. Kawah Ijen, Bondowoso – Jawa Timur

Kawah Ijen - 24 Objek Wisata Menarik Di Indonesia
photo via pandooin.com

Kawah Ijen ini memang menjadi salah satu objek wisata di Indonesia yang menjadi bucket list banyak orang. Tempat wisata ini menawarkan pemadangan alam yang sangat indah sehingga tak hanya menarik bagi wisatawan lokal saja tapi juga mancanegara.

Wisata ini berupa danau asam yang warnanya hijau kebiruan. Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif hingga akhirnya membentuk lekukan besar dan menjadi sebuah danau. Selain itu, adanya kabut yang menyelimuti kawah ini juga menarik perhatian wisatawan.

11. Lombok Mandalika, Mataram – Nusa Tenggara Barat
12. Ngarai Sianok, Bukittinggi – Sumatera Barat
13. Pulau Gili, Nusa Tenggara Barat
14. Pantai Maluk, Sumbawa Barat – Nusa Tenggara Barat
15. Pulau Derawan, Berau – Kalimantan Timur
16. Pulau Tanjung Pandan, Belitung – Bangka Belitung
17. Pulau Morotai, Maluku Utara
18. Raja Ampat, Papua Barat
19. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara
20. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur
21. Tana Toraja, Sulawesi Selatan
22. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
23. Ubud, Bali
24. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments