Peretasan situs internet atau yang lebih fasih dikenal dengan hacking, bukanlah hal yang baru. Banyak perusahaan swasta maupun situs pemerintahan yang pernah terkena hacking sebelumnya. Begitu juga dengan kabar yang menggemparkan dunia maya pagi ini dimana situs salah satu operaator seluler tanah air yakni Telkomsel terkena hacking dimana tampilan halaman situsnya berubah menjadi berlatar hitam dan berisikan keluhan hacker.

website telkomsel kena hack 750x326 - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

photo via : www.jelasberita.com

Yang membuat peristiwa ini heboh mungkin, hasil dari hacking ini dimana halaman website utama Telkomsel diubah dan diganti dengan halaman yang berisikan pesan ataupun komplain hacker akan kekecewaaannya tentang tarif internet dari operator seluler yang satu ini. Sungguh menggelikan, jika dilihat dengan seksama selain itu ada beberapa hal menarik lainnya dari kejadian ini berikut beberapa diantaranya :

 

1. Pesan Hacker berisi komplain tentang harga kuota internet dan paket data

pesan hacker yang merubah tampilan situs telkomsel 647x750 - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

Pesan hacker berisikan protes terhadap mahalnya harga serta banyaknya potongan kuota internet yang dibebankan kepada pelanggan.

“Murahin harga KUOTA INTERNET, ba***at..!!!

Dear, kampr*t.
Lu jadi operator kagak usah mahal-mahal, T**k!
Pegimane bangse Endonesia mau maju kalo internet aja mahal. Ba**!
Makan aja susah, apalagi beli kuota internet. M**yet!
Murahin harga kuota internet, N**t! Kagak usah pake dibagi-bagi 2G/3G/4G, Go*****g!
Gue kagak butuh HOOQ, VIU, iming-iming kuota musik ane video lu. An***gg!!!
Gue cuma butuh KUOTA INTERNET. TITIK.”

 

2. Permintaan maaf langsung dari vice president Telkomsel

situs telkomsel tidak dapat diakses pasca diketahui terkena hack - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, menyampaikan dalam keterangan resminya, “Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan dalam mengakses website resmi Telkomsel www.telkomsel.com. Saat ini kami sedang melakukan penelusuran dan perbaikan yang dibutuhkan agar pelanggan dan masyarakat bisa segera mengakses website tersebut,”

Baca juga: Begini Nasib data pelanggan Telkomsel yang situsnya terkena Hack

 

3. Pasca terkena Hack salah satu alternatif untuk mengetahui info produk Telkomsel bisa langsung ke GraPARI ?

Dalam keterangan resminya pula vice president Telkomsel Adita Irawati, memberikan alternaitf  untuk mengakses informasi soal produk dan layanan Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, Call Center, maupun GraPARI. Dari sana apakah dapat diindikasikan bahwa jaringan sistem website situs Telkomsel telah jebol ? ( kemungkinan bukan hanya interface halaman awal dari situs web saja )

 

4. Sindiran XL tentang kejadian yang menimpa Telkomsel

sindiran xl kepada telkomsel saat situs telkomsel terkena hack - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

photo via : www.idntimes.com

Mengetahui peretasan yang terjadi pada situs Telkomsel, XL Axiata, pesaing Telkomsel, turut angkat bicara. Melalui akun twitter resminya, XL Axiata seolah ingin menyindir kejadian yang dialami oleh pesaingnya tersebut.

“Utk user operator tarif mahal
Sabar ini ujian
Dari XL dgn tarif bersahabat
YouTube tanpa kuota tiap saat”

 

5. Google mengakui kehebatan sang hacker ?

google mengakui kehebatan hacker meretas situs telkomsel - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

photo via : www.kupastuntas.co 

Saat situs Telkomsel sama sekali tak bisa diakses. Apabila memasukan kata “Telkomsel” di laman pencarian Google, maka hasil pencarian masih menampilkan pesan dari sang peretas / hacker.

 

6. Data Pelanggan telkomsel dicuri ?

Hal ini masih simpang siur, dan belum ada keterangan pasti mengenai data pengguna Telkomsel akibat diretasnya situs web Telkomsel ini. Namun beberapa media Media online juga mengingatkan pengguna Telkomsel untuk waspada karena berhasil diretasnya situs Telkomsel. Alasannya cukup logis karena aksi hacker ini bisa saja berniat jahat yang berujung pada pencurian data-data semua pelanggan telkomsel.

 

7. Hacker Pemersatu bangsa

dukungan netizen kepada hacker situs telkomsel e1493385022861 - 7 Fakta Menarik tentang Situs Telkomsel yang terkena Hacking yang harus kamu ketahui

Dapat dilihat dari berbagai respon tweeter yang ada, banyak sekali para netizen yang bersimpati, memberikan selamat dan bahkan mendukung perbuatan hacker ini, mulai dari yang memberikan karangan bunga hingga yang memberikan respon sambil nyeleneh, “mungkin” bisa dikatakan bukan pilkada ataupun unsur politik lainnya ataupun “agama” yang mempersatukan mereka, melainkan perbuatan hacker ini.

https://twitter.com/DodoMahapatih/status/857784143999942656

 

Related Post :