Hadiah menjadi salah satu hal yang banyak dinantikan oleh anak-anak baik itu dari orang tua atau kerabat dekat. Anak-anak dikenal sangat energik yang memiliki stamina tidak terbatas. Bermain menjadi aktivitas yang paling disenangi anak hingga masa pubertas. Saat akan memberikan hadiah untuk anak, ada beberapa hal yang dapat diberikan baik itu berupa barang atau uang tunai. Pemberian kado ini berguna untuk mendekatkan hubungan sosial dengan orang lain atau keluarga sendiri.

Selain itu, kado untuk anak-anak juga perlu diperhatikan karena beberapa barang yang dijual biasanya ada batasan umur dalam kemasannya. Sehingga kita tidak boleh sembarangan membelikan hadiah untuk anak-anak, terutama untuk anak usia 1 – 5 tahun karena mereka rentan sekali menelan benda kecil. Usahakan mencari hadiah untuk anak-anak yang sesuai dengam hobi dan juga barang yang bisa membantunya untuk belajar juga. Sembari bermain, anak-anak juga harus diajarkan tentang sesuatu di sekitarnya.

1. Alat Musik Anak

Alat Musik Anak - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via blibli.com

Saat masih anak-anak, mereka perlu diperkenalkan dengan hal-hal yang baru disekitatnya. Salah satunya yaitu kalian bisa memberikan alat musik anak sebagai hadiah tahun baru. Alat musik ini bermanfaat untuk mengenalkan anak pada alat musik, nada suara hingga cara menggunakannya. Pada umumnya, anak-anak suka membunyikan benda-benda. Sehingga dengan memberikan alat musik, mereka juga bisa belajar.

2. Alat Mewarnai

Alat Mewarnai - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via blibli.com

Jika anak-anak menyukai aktivitas menggambar atau hobi mewarnai, ada baiknya memberikan mereka hadiah berupa alat mewarnai. Dengan begitu, kamu dapat mendukung aktivitasnya itu dan mereka pun akan semakin berkreativitas. Mereka dapat mewarnai sesuka hatinya dengan kreativitasnya. Ada beberapa peralatan mewarnai yang bisa kamu berikan yaitu pensil warna, crayon dan spidol warna. Jika anak-anak belum mengerti menggunakannya, ajarkan mereka dan ajarkan juga mereka untuk meraut pensil warna sendiri jika sudah tumpul.

3. Balok Susun

Balok Susun - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via tokopedia.com

Seperti namanya, mainan ini berupa balok-balok kayu ringan atau plastik yang memiliki berbagai macam bentuk. Mainan ini dapat membantu untuk mengasah kreativitas anak sejak kecil. Anak-anak tentunya sangat suka dengan permaianan menumpuk-numpuk benda ini. Biarkan anak-anak berkreasi sendiri untuk menciptakan karya-nya. Jika anak belum mengetahui cara menggunakannya, ajarkan terlebih dahulu bagaimana cara memainkannya. Jangan lupa juga untuk menanyakan bentuk apa yang mereka buat agar merasa senang.

4. Buku Cerita

Buku Cerita - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via bukalapak.com

Ingin memberikan hadiah tahun baru untuk anak yang bermanfaat? Kalian bisa memberikan kado berupa buku cerita. Buku cerita anak ini biasanya dilengkapi dengan gambar-gambar dari cerita tersebut. Selain itu, buku cerita anak ini juga dapat mengedukasi anak-anak. Dengan banyak membaca tentunya akan banyak ilmu yang didapatkan. Anak-anak juga akan semakin lancar membaca. Temani mereka saat membaca atau bacakan mereka cerita agar anak bisa bertanya jika ia tidak mengerti maksud dari cerita di dalamnya.

5. Dapur Mainan

Dapur Mainan - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via blibli.com

Khusus untuk anak perempuan, hadiah tahun baru berupa dapur mainan pasti sangat disukai. Memberikan kado ini anak-anak pasti akan penasaran dengan berbagai hal didalamnya, selain itu memberikan kado berupa dapur mainan juga bisa mewujudkan keinginan anak-anak yang ingin meniru cara memasak ibunya di rumah. Dapur mainan ini memiliki bentuk yang mirip dengan dapur asli, bahkan barang-barangnya juga lengkap. Sambil bermain, kalian juga bisa mengajarkan anak cara-cara menggunakan alat tersebut. Ilmu mereka juga akan bertambah mengenai alat-alat dapur.

6. Jam Tangan Anak

Jam Tangan Anak - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via fimela.com

Saat anak sudah memasuki usia sekolah, beberapa diantaranya pasti menginginkan bergaya seperti orang dewasa. Mereka mungkin menginginkan menggunakan jam tangan. Anak-anak biasanya tidak hanya fokus pada waktu, tapi juga fitur-fitur yang ada. Sehingga lebih baik hadiahkan mereka jam khusus anak-anak yang memiliki banyak fitur agar mereka merasa senang. Selain itu, dengan adanya jam tangan mereka juga mengenal waktu. Kalian bisa mengajarkan mereka mengenai hitungan waktu.

7. Kolam Renang Plastik

Kolam Renang Plastik e1673238303902 - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via bukalapak.com

Anak-anak sangat suka jika diajak untuk bermain air, tapi ada juga anak-anak yang takut jika diajak ke kolam renang. Untuk mengatasinya, kalian bisa memberikan hadiah tahun baru berupa kolam renang plastik. Belilah kolam renang plastik sesuai ukuran yang diinginkan. Dengan kolam renang plastik ini kamu dapat melatih anak-anak untuk berani masuk ke kolam renang. Kolam renang plastik ini memang digunakan untuk anak-anak yang suka bermain air saja. Tapi jika kamu ingin mengenalkannya pada kolam renang, hadiah ini juga bisa digunakan. Biarkan mereka bersenang-senang dan beradaptasi dengan kolam renang sebelum memasuki kolam renang sebenarnya. Jangan lupa untuk selalu mengawasi mereka saat menggunakan kolam renang plastik ini.

8. Lilin Mainan

Lilin Mainan - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via amazon.com

Lilin mainan bisa menjadi hadiah tahun baru untuk anak-anak. Mainan ini berbahan elastis dan sedikit lengket. Cara memainkannya sangat mudah, anak-anak dapat membuat aneka bentuk karena teksturnya yang cenderung lembut. Dengan lilin mainan ini anak-anak bisa menjadi lebih kreatif, mereka dapat membuat bentuk apa saja sesuka hatinya. Pasti mereka akan menyukai kado tahun baru ini.

9. Lego

Lego - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via lazada.co.id

Hampir mirip dengan balok kayu, hanya saja Lego ini dapat ditempelkan antara satu dengan lainnya. Mainan ini dapat dibentuk sesuai dengan intruksi yang biasanya ada dalam setiap kemasan. Namun agar sesuai, pastikan Lego yang dipilih sesuai dengan umur penerima. Sebab, ada juga Lego yang diperuntukkan untuk orang dewasa dan pastinya pemasangannya sangat sulit dan membutuhkan konsentrasi.

10. Mainan Remote Control

Mainan Remote Control - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via importer.co.id

Anak-anak sangat senang dengan permainan teknologi remote control. Untuk itu kamu bisa memberikan hadiah berupa remote control pada anak-anak saat tahun baru. Pastinya mereka akan senang menerimanya dan jika temannya juga memilikinya. Mereka dapat bermain balapan mobil remote control dihalaman rumah.

11. Peralatan Sekolah

Peralatan Sekolah - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via alibaba.com

Peralatan sekolah menjadi salah satu hadiah tahun baru yang sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belakar mengajarnya di sekolah. Dengan memberikan peralatan sekolah ini, diharapkan anak akan semakin rajin untuk bersekolah dan belajar di rumah. Kamu bisa memberikannya berupa buku, kotak pensil, pensil, pulpen, penghapus, penggaris dan lainnya. Pilihlah motif-motif yang lucu agar mereka senang saat menerimanya.

12. Pakaian Anak

Pakaian Anak - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via bukalapak.com

Selanjutnya, kamu bisa juga memberikan hadiah tahun baru untuk anak berupa pakaian. Setiap anak pasti akan senang jika diberikan pakaian baru terlebih jika pakaian itu yang ia inginkan. Berikanlah, anak pakaian dengan bentuk dan motif yang lucu-lucu. Untuk modelnya sendiri, usahakan yang tidak terlalu dewasa dan sesuai dengan usianya. Sedangkan untuk warnanya sendiri, pilih warna-warna cerah atau warna netral.

13. Sepeda

Sepeda - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via trexsporting.com

Sepeda bisa kamu berikan sebagai hadiah tahun baru untuk anak, kado ini juga cocok sekali diberikan untuk anak yang ingin belajar sepeda. Untuk permulaan berikan sepda beroda empat, dimana sepeda ini dibekali dengan roda bantu untuk menyeimbangkan sepeda. Saat anak sudah seimbang dan lancar menggunakannya, barulah dua roda bantu tersebut dilepas dan menjadi sepeda roda dua. Saat membeli sepeda, perhatikan fitur-fiturnya dan pastikan aman untuk anak-anak.

14. Skuter Mini

Skuter Mini - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via alibaba.com

Jika mereka sudah memiliki sepeda, skuter mini bisa menjadi pilihan hadiah tahun baru untuk anak. Sekuter ini ini lebih ringkas daripada sepeda, namun tidak bisa lebih cepat dari sepeda. Cara menggunakannya cukup mendorong skuter dengan salah satu kaki dan untuk pengeremannya bisa menginjak roda bagian belakang. Anak-anak pastinya akan senang dengan skuter ini, mereka juga bisa bermain dengan leluasa mengitari halaman sekitar rumah.

15. Sepatu Anak

Sepatu Anak - Saran Hadiah Tahun Baru Untuk Anak-anak
photo via shopee.co.id

Sepatu menjadi salah satu hadiah tahun baru yang bisa kamu berikan untuk anak. Anak-anak sangat suka berpergian dan jalan-jalan untuk mengetahui hal-hal baru di luar rumah. Maka dari itu memberikan sepatu sangat tepat untuk menunjang aktivitasnya. Kamu juga dapat memberikan sepatu sekolah untuk mendorong anak agar semangat pergi ke sekolah.

 

Itulah beberapa rekomendasi hadiah tahun baru untuk anak-anak. So, sudah menemukan hadiah yang tepat?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments