Saat ini sedang digelar event olah raga sepak bola terbesar di dunia yakni piala dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Jika piala dunia sebelumnya yang dilaksanakan di brazil ditemani oleh maskot piala dunia yang berupa trenggiling, piala dunia kali ini ditemani oleh maskot piala dunia 2018 yang bernama Zabivaka.

Zabivaka merupakan maskot piala dunia 2018 yang berbentuk seekor serigala yang merupakan salah satu hewan khas di Rusia. Zabivaka sendiri bila diterjemahkan dari bahasa Rusia ke Indonesia memiliki arti pencetak gol. Serigala yang satu ini telah siap meramaikan piala dunia kali ini bersama 32 tim – tim nasional yang telah lolos dalam babak kualifikasi sebelumnya.

Selain piala dunia 2018 yang dilangsungkan mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2018, piala dunia yang terdahulu juga memiliki maskot – maskot piala dunia yang tak kalah lucu dan imut yang meramaikan ajang empat tahunan ini. Dan berikut ini adalah beberapa maskot piala dunia dari dulu hingga saat ini piala dunia 2018 digelar :

1. Piala dunia 1966 ( World Cup Willy )

World Cup Willy maskot Piala dunia 1966 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : twitter.com/fifaworldcup

Piala dunia 1966 yang dilaksanakan di Inggris merupakan piala dunia dengan disertai maskot pertama kalinya. World Cup Willy merupakan maskot pertama piala dunia 1966 yang berbentuk seekor singa. World Cup Willy merupakan seekor singa yang mengenakan kaos Union Jack dengan kata “WORLD CUP” yang dirancang oleh seorang ilustrator buku untuk anak – anak yang bernama Reg Hoye.

Seperti yang diketahui, Singa merupakan simbol dari kerajaan Inggris dan Reg Hoye menjadikan hal tersebut sebagai inspirasinya untuk membuat maskot piala dunia kala itu. Selain itu, anak dari Reg Hoye juga mendapat inspirasi dari anaknya yang juga bernama Leo.

2. Piala dunia 1970 ( Juanito )

Juanito maskot Piala dunia 1970 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.fifa.com

Pada piala dunia 1970 yang digelar di Meksiko, Juanito terpilih sebagai maskot piala dunia kala itu. Yang mana Juanito adalah maskot seorang anak laki – laki yang mengenakan jersey meksiko dilengkapi dnegan tope sombrero dengan kata – katanya “Mexico 70”. Juanito adalah nama kecil dari Juan merupakan sebuah nama dalam bahasa spanyol yang umum digunakan oleh masyarakat meksiko.

3. Piala dunia 1974 ( Tip dan Tap )

Tip dan Tap maskot piala dunia Piala dunia 1974 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : kwese.espn.com

Piala dunia 1974 kala itu digelar di negara Jerman Barat dengan maskotnya yang bernama Tip dan Tap. Sama seperti maskot piala dunia sebelumnya, piala dunia 1974 juga menggunakan karakter manusia yang terdiri dari dua orang yang bernama Tip dan Tap dan mengenakan kaus berwana putih dengan tulisan WM dan 74.

WM sendiri merupakan singkatan dari Weltmeisterschaft yang berarti world cup atau piala dunia. Sedangkan 74 merupakan tahun diselenggarakannya piala dunia saat itu di Jerman Barat.

4. Piala dunia 1978 ( Gauchito )

Gauchito maskot Piala dunia 1978 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.pinterest.ie/pin/686024955710704176

Gauchito merupakan maskot piala dunia 1978 yang diselenggarakan di Argentina. Hampir mirip dengan desain maskot dari Juanito yang diselenggarakan di Meksiko, Gauchito  juga merupakan seorang anak laki – lagi yang menggunakan seragam / jersey timnas Argentina. Selain jersey, Gauchito juga menggunakan topi dengan tuliasan ARGENTINA 78, syal dan juga cambuk di tangan kanannya yang merupakan chiri khas dari seorang gaucho.

5. Piala dunia 1982 ( Naranjito )

Naranjito maskot Piala dunia 1982 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.redbubble.com

Naranjito adalah bahasa spanyol berarti jeruk, jika piala dunia sebelumnya secara berturut – turut menggunakan maskot manusia, kali ini pada piala dunia 1982 yang digelar di Spanyol, menggunakan maskot yang berbentuk jeruk yang bernama Naranjito. Adapun alasannya menggunakan jeruk adalah karena kala itu buah jeruk amatlah populer di Spanyol dan negara tersebut begitu mencintai buah tersebut sehingga digunakanlah jeruk sebagai inspirasi dari maskot piala dunia 1982.

6. Piala dunia 1986 ( Pique )

Pique maskot Piala dunia 1986 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : welcome2018.com

Jika sebelumnya adalah jeruk, kali ini pada piala dunia 1986 digunakan maskot rempah – rempah sejenis lada yang bernama Pique. Pique adalah  jalapeño pepper atau lada jalapeño, rempah-rempah yang identik dengan masakan Meksiko. Masih dengan ciri khasnya yang sebelumnya yakni topi som berero, maskot kali ini juga mengenakan topi khasnya tersebut. Pique atau Picante  sendiri berarti pedas, khas saus pedas dan paprika.

7. Piala dunia 1990 ( Ciao )

Ciao maskot Piala dunia 1990 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : medium.com

Setelah sebelumnya tumbuhan Piala dunia 1990 yang di gelar di Italia kembali membuat sebuah revolusi baru dalam pembuatan maskotnya. Italia menggunakan karakter stick figure dengan bagian tubuh diwarna dengan bendera khas Italia dan kepala yang dibuat bola sebagai maskotnya. Maskot piala dunia 1990 ini bernama Ciao yang merupakan sebuah kata sapaan yang amat familiar digunakan oleh warga Italia.

8. Piala dunia 1994 ( Striker )

Striker maskot Piala dunia 1994 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : kwese.espn.com

Maskot yang piala dunia yang satu ini mungkin jika dilihat secara sepintas mirip dengan karakter kartun snoopy. Ia memang seperti yang dilihat, piala dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat menggunakan karkter anjing dengan dengan jersey berwana merah putih biru yang merupakan warna khas dari Amerika Serikat. Maskot yang bernama striker ini kala itu dibuat oleh tim animasi Warner bros .

9. Piala dunia 1998 ( Footix )

Footix maskot Piala dunia 1998 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.creads.fr

Piala dunia 1998 yang digelar di negara Prancis menggunakan maskot seekor ayam jantan yang bernama Footix sebagai maskot mereka. Footix didesain oleh seorang desainer yang bernama Fabrice Pialot. Dari 5 desain yang dikeluarkan oleh sang desainer, footix lah yang terpilih. Ayam jantan merupakan simbol khas dari warga negara ini yang telah dikenal. Untuk nama Footix sendiri merupakan sebuah kombinasi kata dari football dengan akhiran ix.

10. Piala dunia 2002 ( Ato, Kaz dan Nik )

Ato Kaz dan Nik maskot Piala dunia 2002 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : Striker.ID

Jika sebelumnya, di benua eropa dan Amerika, piala dunia 2002 merupakan piala dunia pertama yang diselenggarakan di benua Asia yakni di dua buah negara Korea Selatan dan Jepang. Pada piala dunia 2002 juga pertama kali diperkenalkan 3 buah maskot yang bernama Ato, Kaz dan Nik. Nama-nama tersebut dipilih  berdasarkan voting dari warga Korea dan juga Jepang. Ketiga karakter tersebut memiliki perannya masing – masing yakni Ato berperan sebagai pelatih, sedangkan Kaz dan Nik sebagai pemain.

11. Piala dunia 2006 ( Goleo dan Pille )

Goleo dan Pille maskot Piala dunia 2006 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : Liputan6.com

Jika dilihat secara sepintas, maskot dari piala dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman ini terdiri dari 1 karakter. Namun sebenarnya terdapat 2 karakter di dalamnya. 2 maskotnya tersebut bernama Goleo dan Pille yang merupakan seekor singa dan sebuah bola. Goleo dan Pille dibuat yang merupakan seekor singa dan sebuah bola yang bisa berjalan dan berbicara sendiri.

Untuk karakter singa sendiri bernama Goleo yang berasal dari kata Gol dan Leo sedangkan Pille yang merupakan nama dari karakter bola tersebut dalam bahasa Jerman berarti bermain bola. Dibandingkan maskot – maskot yang lainnya, maskot dari piala dunia 2006 ini menuai banyak sekali kritikan. hal tersebut dikarenakan Jerman harusnya mampu membuat sebuah maskot yang lebih bagus. Selain hal tersebut, untuk Goleo sendiri terlihat tidak mengenakan celana.

12. Piala dunia 2010 ( Zakumi )

Zakumi maskot Piala dunia 2010 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.brandsouthafrica.com

Jika pada tahun 2002 merupakan piala dunia pertama yang diselenggarakan di Asia, pada piala dunia 2010 merupakan piala dunia pertama juga yang digelar di benua Afrika yakni negara Afrika Selatan. Adapun maskot dari piala dunia 2010 bernama Zakumi.

Zakumi adalah seekor macan tutul dengan kulit berwana emas dan rambut berwana hijau. Zakumi sendiri sebenarnya terdiri dari dua buah kata yakni Za dan Kumi. Za merupakan kode negara dari Afrika Selatan, sedangkan Kumi adalah bahasa Afrika yang berarti angka 10.

13. Piala dunia 2014 ( Fuleco )

Fuleco maksot Piala dunia 2014 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.usatoday.com

Fuleco adalah nama dari maskot piala dunia 2014 yang diadakan di Brazil. Nama Fuleco sendiri berasal dari kata Futeboll dan Ecologia. Fuleco adalah hewan Armadillo asli dari Brazil yang termasuk dalam kategori langka dan dilindungi. Maskot ini mewakili kata ‘Brasil’, ‘Alam’, ‘Ramah’ dan ‘Semangat untuk Sepak bola.

Fuleco sendiri lahir pada di tanggal 1 Januari 2000 yang merupakan armadillo tiga banded pertama yang lahir di milenium baru. Pada tahun 2014 saat gelaran piala dunia, Fuleco telah berusia 14 tahun dan dirayakan secara global sebagai maskot piala dunia saat itu.

14. Piala dunia 2018 ( Zabivaka )

Zabivaka maskot Piala dunia 2018 - Maskot Piala Dunia dari Dulu Hingga Saat ini

photo via : www.vexels.com

Pada Piala dunia tahun 2018 kali ini diadakan di negara Rusia dengan maskotnya yang bernama Zabivaka. Zabivaka merupakan seekor serigala yang mengenakan kaus putih bertulisan Rusia 2018 dan juga sebuah kacamata. Zabivaka sendiri merupakan sebuah bahasa rusia yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti pencetak gol.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments