Kalau berbicara tentang mobil, di Indonesia ada banyak sekali pilihan dengan berbagai merek dan harga yang ada. Tapi bagaimana kalau mobil baru termurah dengan harga sekitar 100 juta-an?

Pastinya butuh banyak waktu untuk mencari yang terbaik dari berbagai merek mobil murah yang ada. Apalagi dengan banyaknya merek mobil baru yang bermunculan di Indonesia.

Jangankan merek baru, brand-brand mobil terkenal seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, hingga Datsun juga ada. Kalau kita melihat jenis-jenis mobil yang ditawarkan, kebanyakan mobil murah yang ada saat ini menyandang status mobil LGCC.

LCGC (Low Cost Green Car) merupakan jenis varian mobil yang hemat bahan bakar dan juga harga yang murah. Selain itu mobil jenis LCGC biasanya memiliki bentuk yang cukup ringkas.

Tentu saja hal ini membuat mobil jenis yang satu ini amat cocok digunakan di perkotaan layaknya city car.

Ingin tahu lebih lengkap tentang mobil baru murah 2020 ? Berikut Travis rangkumkan beberapa rekomendasi mobil baru termurah dengan harga 100 juta-an.

Mungkin sedikit catatan dari Travis, untuk harga yang tertera dalam daftar rekomendasi mobil murah 100 juta ini tidaklah fix dan bisa berubah sewaktu-waktu.

1. Daihatsu Ayla

Diurutan pertama untuk mobil baru 100 juta-an kita di pegang oleh Daihatsu Ayla. Daihatsu Ayla sendiri memang memiliki harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan yang lain. Dengan harganya yang hanya sekitaran Rp 100.650.000 untuk tipe Daihatsu Ayla 1.0 D MT E4, wajar saja jika kita masukkan dalam daftar mobil baru murah ini.

Selain tipe 1.0 D MT E4, Daihatsu Ayla sendiri sebenarnya memiliki total 16 tipe. Semua tipe Daihatsu Ayla tersebut dibedakan berdasarkan kapasistas mesin dan transmisi.

Meskipun ada banyak tipe yang mengikuti performanya, untuk tipe tertinggi dari Daihatsu Ayla juga memiliki harga yang terjangkau. Dengan tipe 1.2 R AT DLX E4, seri Daihatsu Ayla ini hanya dibandrol seharga Rp154.350.000 atau sekitaran 150 juta-an.

2. All New Datsun Go

Diposisi kedua, kita punya Datsun Go dengan modelnya yang paling basic yakni tipe D – MT. Mobil seri basic ini menggunakn unit tiga silinder dan juga transmisi manual dengan harga Rp111.090.000.

Dengan budget 100 juta-an, tentu saja mobil yang satu ini merupakan salah satu pilihan terbaik kita.

Sama seperti seri Daihatsu Ayla, Datsun Go juga memiliki banyak tipe. Tercatat ada sekitar 9 tipe pilihan untuk mobil All New Datsun Go.

Untuk Tipe tertingginya sendiri telah dilengkapi dengan transmisi matic CVT. Meskipun dibilang tipe tertinggi, harga dari Datsun Go CVT – LIVE ini hanya sekitaran Rp159.490.000.

3. Karimun Wagon R

Untuk merek ternama seperti Suzuki, Suzuki Karimun Wagon R menjadi wakilnya dalam segmen mobil murah di Indonesia. Seperti seri yang lainnya, untuk Karimun dengan model paling basic, dibandrol seharga Rp 115.500.00.

Adapun sedikit spesifikasi dari Karimun Wagon R ini sendiri memiliki Kapasitas 1.000 CC dan transmisi manual 5 kecepatan. Jika kalian penasaran dengan mobil LCGC yang travis sebutkan sebelumnya, Karimun Wagon R ini masuk kategori mobil dalam kelas LCGC.

Mobil ini sendiri memiliki total 6 tipe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kita. Sedangkan untuk tipe tertinggi dari Karimun Wagon R ini sendiri dihuni oleh Suzuki Karimun Wagon R GS AGS.

Dengan harganya yang kurang dari 150 juta (Rp146.000.000), Suzuki Karimun Wagon R GS AGS bisa dibilang cukup terjangkau.

4. Daihatsu Sigra

Selain Ayla, Daihatsu juga punya seri lain dengan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan harga 100 juta-an. Siapalagi kalau bukan Daihatsu Sigra.

Seri Daihatsu 100 juta-an ini diluncurkan tahun 2016. Mobil ini juga masuk dalam kelas LCGC. Meskipun telah 4 tahun yang lalu meluncur di arena mobil baru Indonesia, Daihatsu rajin untuk memperbarui fitur dan spesifikasinya.

Untuk varian basic atau seri terendah dari Daihatsu Sigra ini merupakan tipe D. Yang mana tipe D ini memiliki kapasitas 998 CC dan transmisi manual.

Untuk harganya sendiri, Daihatsu Sigra Tipe D dibandrol seharga Rp 119.500.000. Sama seperti saudara lainnya, untuk tipe tertinggi dari seri ini adalah tipe Daihatsu Sigra tipe R Deluxe.

Tipe tertinggi dari Daihatsu Sigra ini memiliki kapasitas 1.197cc, transmisi manual dan dibandrol seharga Rp 162.250.000.

5. Toyota New Agya

Daftar merek mobil baru murah berkualitas kita selanjutnya dihuni oleh Toyota. Toyota yang diwakili oleh Toyota New Agya 1.0 G M/T, dibandrol seharga Rp143.300.000.

Adapun spesifikasi Toyota New Agya 1.0 G M/T ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan transmisi manual. Untuk Seri Toyota Agya sendiri memiliki 2 buah pilihan kapasitas mesin. Yakni seri 1.000 cc dan 1.200 cc.

Tentu saja seperti yang sudah kalian duga, untuk tipe tertingginya memiliki mesin dengan kapasitas 1.200 cc. Tipe tertinggi Toyota Agya yang memiliki seri Toyota New Agya G A/T TRD ini juga telah menggunakn sistem transmisi otomatis.

Meskipun memiliki performa yang terbilang tingi, seri Toyota New Agya G A/T TRD memiliki harga yang tak jau berbeda dengan tipe tertinggi merek yang lain.

Adapun harga Toyota New Agya G A/T TRD ini dijual sekitaran Rp163.700.000. Tentu saja harga tersebut sebanding dengan kualitas yang dibawa oleh merek mobil yang satu ini.

6. All New Honda Brio

Merek mobil murah dengan harga 100 juta-an kita selanjutnya dihuni oleh All New Honda Brio. Adapun seri Honda Brio yang masuk dalam kategori ini adalah Honda Brio Satya.

Honda Brio Satya sendiri masuk dalam daftar mobil LCGC yang ada saat ini di Indonesia. Dengan harga Rp143.500.000, mobil honda brio 100 juta-an yang masuk kategori ini adalah tipe All New Honda Brio S M/T.

Mungkin kalian agak sedikit heran kenapa mobil yang satu ini memiliki harga yang lebih mahal dibandigkan mobil lainnya yang masuk dalam daftar mobil baru termuha ini.

Hal ini dikarenakan untuk tipe All New Honda Brio S M/T ini memiliki kapasitas mesin 1.200 cc 4 silinder. Yang jika dibandingkan dengan mobil lainnya hanya memiliki kapasitas 1.000 cc 3 silinder untuk tipe basic/standar.

Sama seperti merek lainnya, honda Brio juga terdiri dari 5 tipe dengan tipe tertinginya bernama All New Honda Brio RS. Namun untuk seri ini tidak travis masukan disini, lantaran harganya yang mahal.

Harganya yang nyaris Rp 200 juta, mungkin bisa dibilang dirinya termasuk mobil murah 200 juta-an. Selain harganya yang mahal, seri ini juga tidak masuk dalam kelas LCGC.

7. Toyota Calya

Di posisi akhir daftar mobil baru murah Indonesia kita ditempati oleh Toyota Calya. Kalo Daihatsu punya Daihatsu Sigra, untuk Seri MPV, Toyota diwakili oleh Toyota Calya.

Sama seperti Daihatsu Sigra, mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dirilis juga dirilis tahun 2016. Toyota Calya sendiri masuk dalam kelas mobil LCGC.

Namun sedikit berbeda dengan Sigra yang memiliki 2 jenis mesin, Toyota Calya hanya dibekali dengan satu jenis mesin dengan kapasitas 1.197cc. Meskipun hanya satu jenis mesin saja, untuk Toyota Calya memiliki 4 tipe.

Dengan transmisi manual, varian terendah Toyota Calya dengan tipe Toyota Calya tipe E dijual dengan harga Rp 144.550.000. Sedangkan untuk tipe tertigi memili transmisi otomatis dan dijual seharga Rp 165.850.000.

Related Post :