Korea Selatan merupakan salah satu negara yang kini banyak dilirik orang banyak. Hal ini tentunya tak lepas dari peran industri hiburannya yang mampu menggebrak pasar internasional sehingga negeri ginseng ini bisa dikenal banyak orang.

Selain dikenal dengan tempat wisatanya yang indah serta kulinernya yang lezat-lezat bahkan makanan Korea halal juga ada. Korea Selatan juga banyak dipilih bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Sebagai salah satu negara maju di Asia, beberapa perguruan tinggi di Korea Selatan ini dikenal berkualitas dan selalu masuk ke dalam universitas terbaik di dunia. Buat kamu yang ingin berkuliah di Korea Selatan, berikut ini daftar universitas terbaik di Korea Selatan

1 Seoul National University (SNU)

Seoul National University SNU - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via friends.snu.ac.kr

Seoul National University atau disingkat dengan SNU merupakan salah satu universitas Korea Selatan yang berlokasi di Seoul. Universitas ini menjadi salah satu universitas nasional Korea unggulan. Dididirkan pada tahun 1946, SNU dianggap sebagai universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Univesitas ini memiliki tiga kampus yaitu kampus utama di Gwanak-gu, Daehak-ro dan Pyeongchang. 

Secara konsisten SNU menunjukkan kinerja yang hebat dalam perihal pendaftaran, setidaknya terdapat 28.000 mahasiswa dan jumlah yang paling signifikan adalah mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat dan Eropa. Universitas ini juga telah menjalin kerjasama dengan universitas dan organisasi terkenal di seluruh dunia. Serta telah mendatangani MoU dengan setidaknya 700 institusi akademik dan World Bank. Sekolah bisnis dari SNU juga melakukan program pertukaran di 10 negara.

Di SNU ada beberapa macam courses yang tersedia. Ada 16 fakultas untuk program sarjana, 99 program untuk magister dan doktoral, serta 10 sekolah profesional. Sekolah profesional di SNU menawarkan studi dalam bidang bisnis, studi lingkungan, ilmu pengetahuan dan teknologi konvergensi, kedokteran gigi, teknologi pertanian internasional, studi internasional, hukum, kedokteran, administrasi publik, dan kesehatan masyarakat.

SNU juga berkontribusi pada penelitian, dengan banyak lembaga penelitian ternama seperti Big Data Institute, Greenbio Research Complex, Institute for Research in Finance and Economics, and Asia Institute for Energy, Environment and Sustainability.

Univesitas ini diketahui banyak menghasilkan alumni yang sangat berpengaruh di Korea Selatan. Mereka juga berhasil dan masih memegang peranan penting dalam pendidikan, politik dan bisnis di Korea. Salah satu alumninya yang terkenal yaitu Ban Ki Moon mantan Sekretarus Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Korea Advanced Institute of Science and Technology KAIST - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via ee.kaist.ac.kr

Siapa yang tidak mengenal universitas Korea Selatan satu ini yaitu KAIST. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) ini didirikan pada tahun 1971 sebagai sekolah pascasarjana berorientasi penelitian pertama dalam sains dan teknologi di negeri ginseng ini. KAIST telah menetapkan model baru bagi universitas riset di Korea Selatan dan membangun reputasinya sebagai perintis penelitian di seluruh dunia.

Lulusan KAIST mengajar dan melakukan penelitian di MIT, UCLA, Harvard, Caltech, Technische Universitat Graz, KTH Royal Institute of Technology, Shanghai Jiao Tong University dan universitas bergengsi lainnya. Perusahaan bisnis utama termasuk Samsung, SK Telecom, LG, Hyundai dan NHN mempekerjakan banyak lulusan KAIST juga. Sebagian besar lembaga penelitian yang didanai pemerintah di Korea seperti Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI), Korea Institute of Science and Technology (KIST) dan Korea Research Institute of Chemical Technology (KRICT) juga dikelola oleh banyak lulusan KAIST.

Tak hanya itu saja, lulusan KAIST juga menymbang 20% dari semua doktor teknik di Korea Selatan dan 10% dari semua profesional teknik di Korea Selatan. Hampir 25% personel R&D di Samsung Electronics juga lulusan KAIST.

KAIST menawarkan berbagai beasiswa, hibah dan beasiswa kepada siswa internasional. Tak perlu khawatir untuk tempat tinggal ketika kamu hendak berkuliah di KAIST, sebab mereka juga memiliki beberapa jenis asrama yang bisa dipilih berdasarkan program belajar yang diambil. Masing-masing asrama memiliki fasilitas dan biaya yang berbeda, Umumnya setiap kamar sudah dilengkapi dengan kasur, meja, lemari, kursi sedangkan fasilitasnya sendiri terdapat student lounge, tempat laundry, ruang seminar, dapur, kafetaria dan lainnya.

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

Sungkyunkwan University SKKU - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via hani.co.kr

Universitas ini didirikan pada tahun 1398 di Dinasti Joseon yang terletak di kantung pusat kota Seoul. Universitas ini diberi wewenang sebagai Sungkyunkwan, institusi pendidikan Joseon yang terkemuka dengan kode administrasi negara yang agung berkaitan dengan persetujuan kerajaan.

Saat ini universitas Sungkyunkwan ini memiliki dua kampus yaitu Kampus Humaniora dan Ilmu Sosial di Seoul serta Kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Suwon. Dua belas sekolah dan empat perguruan tinggi menawarkan gelar di tingkat sarhana, dua belas sekolah pascasarjana memberikan berbagai gelar baik di tingkat master maupun doktor.

Selain itu, SKKU juga menawarkan program MBA Global yang diajarkan dalam bahasa Inggris yang telah mendapat pengakuan internasional. SKKU juga memiliki program gelar ganda ambisius dengan sejumlah universitas ternama di dunia. Buat yang mencari universitas kedokteran, SKKU merupakan salah satu sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan yang berafiliasi dengan Samsung Medical Center yang terkenal di dunia.

4. Yonsei University

Yonsei University - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via yonsei.ac.kr

Selanjutnya ada Yonsei University sebagai salah satu universitas Korea Selatan terbaik. Yonsei University berdiri pada tahun 1885 dan menjadi salah satu universitas tertua di Kores Selatan. Universitas kristen swasta ini dikenal sebagai salah satu dari tiga universitas teratas di Korea Selatan.

Univesitas ini juga masuk ke dalam empat universitas di Korea Selatan yang rangkingnya terdaftar di World University Ranking. Setidaknya universitas ini memiliki tiga kampus yaitu Sinco (Kampus Utama), Songdo (Kampus Mahasiswa Internasional) dan Wonju.

Yonsei University menawarkan program-program dalam bahasa Inggris untuk perkuliahan tingkat S1 (di Underwood International College (UIC)), S2 (Graduate School of International Studies (GSIS)) dan MBA. Bagi kamu yang mencari beasiswa di universitas Korea Selatan, Yonsei University juga menawarkan beasiswa, tempat tinggal hingga layanan karir bagi mahasiswa internasional.

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Ulsan National Institute of Science and Technology UNIST - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via news.unist.ac.kr

UNIST merupakan institut yang berada di jantung kota industri terbesar Korea Selatan yaitu Ulsan. Disini industri otomotif, pembuatan kapal, petrokimia dan sel sekunder yang terkanal di dunia berkumpul.

Dibuka sejak tahun 2009, UNIST berkembang menjadi universitas kelas dunia, dengan reoutasi yang berkembang pesat untuk penelitian dan dampaknya di berbagai bidang. Fasilitas yang berada di UNIST ini tergolong lengkap sehingga banyak membuat para ilmuwan di seluruh dunia iri.

Di Korea Selatan, UNIST menjadi satu-satunya universitas yang kuliahnya menggunakan 100% bahasa Inggris. Universitas ini menetapkan standar dengan membawa sensasi baru ke dunia pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, UNIST telah ditetapkan sebagai salah satu lembaga R&D graphene terkemuka di dunia, yang menampung tiga pusat penelitian berbasis kampus IBS.

Dengan dukungan dari Pemerintah Korea dan kota Ulsan, UNIST berharap dapat berkontribusi pada pengembangan industri dan ekonomi lokal melalui transfer pengalaman penelitian, pengetahuan, dan teknologi para ilmuwannya.

6. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Pohang University of Science and Technology POSTECH - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via news.unn.net

Universitas terbaik di Korea Selatan selanjutnya yaitu Pohang University of Science and Technology atau POSTECH. Universitas ini memiliki visi untuk menciptakan pemimpin global yang membawa dampak bagi masyarakat, melakukan penelitian canggih dengan hasil yang dapat membantu di kehidupan sehari-hari dan membantu memperbaiki masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Semenjak tahun 2010, POSTECH telah memperluas kuliah yang diberikan dalam bahasa Inggris dengan tujuan untuk menyelenggarakan semua kuliah untuk mata pelajaran utama 100% dalam bahasa Inggris kecuali Humaniora dan mata pelajaran prasyarat.  

Dari tahun 2009, POSTECH telah menjalankan “Program Pengembangan Pemuda Berpotensi Tinggi” yang dapat memberikan kesempatan pendidikan kepada siswa yang mengalami kesulitan untuk menerima pendidikan yang sesuai pelatihan karena lingkungan yang kurang mampu meskipun semangat mereka untuk matematika dan sains.

Program ini beroperasi dua kali setahun selama liburan musim panas dan musim dingin, siswa yang berpartisipasi tinggal di asrama POSTECH dan berpartisipasi dalam pelatihan matematika dan sains dari profesor POSTECH. Menariknya lagi semua biaya akan ditanggung POSTECH.

Kuliah di POSTECH tidak akan menjadi suatu hal yang membosankan atau sulit karena banyak fasilitas dan bantuan yang diberikan kampus kepada mahasiswa untuk menunjang hidup mereka selama berkuliah.  POSTECH secara aktif mendukung berbagai jenis kegiatan klub mahasiswa seperti akademik, kerja sukarela, pertunjukan dan olahraga untuk memenuhi kebutuhan budaya mahasiswa yang beragam dan untuk menciptakan budaya universitas yang sehat, kehidupan universitas yang bahagia dan energik.

7. Korea University

Korea University - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via ohmynews.com

Korea University merupakan salah satu universitas swasta di Korea Selatan, universitas ini termasuk termuka bersama dengan universitas Nasional Seoul dan Universitas Yonsei. Korea University memiliki dua kampus yaitu Anam dan Jochiwon. Universitas yang didirikan pada tahun 1905 ini masuk kedalam tiga universitas terbaik di Korea Selatan. Korea University ini terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi dan 75 lembaga penelitian.

Sebagai salah satu universitas yang disebut sebagai “Universitas SKY” inisial tiga universitas terbaik dan paling selektif di Korea Selatan yaitu Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea dan Universitas Yonsei. Selain itu dikenal juga akan kualitas pendidikannya yang sangat bermutu. Penerimaan mahasiswa baru pun sangat ketat karena termasuk “Universitas SKY” yang dianggap sebagai tiket menuju kesuksesan dan kehormatan bagi masyarakat Korea Selatan.

8. Kyung Hee University

Kyung Hee University - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via namu.wiki

Universitas Kyung Hee mencapai nilai sempurna untuk kedua indikator yang mengukur proporsi siswa pertukaran masuk dan keluar, serta mendapat nilai yang sangat tinggi untuk indikator siswa internasional. Univeristas ini dianggap sebagai salah satu universitas swasta paling bergengsi di negara ginseng, Kyung Hee juga masuk dalam QS World University Rankings by Subject 2018 sebagai universitas 150 teratas untuk perhotelan, studi pengembangan, bahasa modern dan linguistik.

Kyung Hee University menawarkan program sarjana dalam bahasa Inggris melalui College of Humaniora, Sekolah Tinggi Bahasa dan Sastra Asing serta Sekolah Tinggi Pembelajaran Internasional. Selain itu banyak sekolah pascasarjana di Universitas ini, termasuk Manajemen Bisnis, Pendidikan dan Teknologi menawarkan program dalam Bahasa Inggris. Universitas Kyung Hee menyediakan beberapa beasiswa dan membantu siswa internasional dengan tempat tinggal dan bimbingan belajar.

9. Sejong University

Sejong University - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via sejongpr.ac.kr

Salah satu universitas terbaik Korea yang berlokasi di Seoul ini bernama Sejong University. Universitas yang berdiri sejak 1940 ini memiliki 10 kampus dengan kapasitas 11.000 mahasiswa program sarjana dan 2.500 mahasiswa program pascasarjana.

Saat ini, Sejong University menempati peringkat ke-12 universitas teratas di Korea, seperti dimuat dalam Times Higher Education dan termasuk deretan universitas 100 teratas di Asia versi QS World University Rankings. Universitas ini pun telah menjalin afiliasi selama bertahun-tahun dengan lebih dari 250 universitas di seluruh dunia.

Sebagai universitas papan atas Asia, Sejong University menawarkan beragam pilihan program studi dalam jenjang sarjana dan pascasarjana (master dan doktoral). Untuk mahasiswa internasional yang lulus dalam studi mereka, nanti dapat bekerja di beragam perusahaan Korea terutama bagi lulusan jurusan Teknologi dan Sains.

Tidak hanya itu, biaya kuliah yang diberlakukan bagi mahasiswa internasional di universitas ini tidak dibedakan dengan mahasiswa lokal. Hal ini juga merupakan faktor finansial yang membedakan universitas-universitas di Korea dengan universitas-universitas di Eropa.

10. Hanyang University

Hanyang University - 10 Universitas Di Korea Selatan yang Bagus dan Terkenal
photo via ilbe.com

Terakhir ada Hanyang University, universitas swasta Korea Selatan ini mengambil nama dari mantan ibu kota Seoul yang digunakan selama Dinasti Joseon. Hanyang University merupakan universitas riset swasta di Korea Selatan yang mendirikan lembaga teknik pertama di Korea Selatan (Institut Teknik DongA) serta sekolah arsitektur dan teknik sipil paling pertama di Korea Selatan.

Untuk yang mencari beasiswa full, Hanyang University adalah pilihan yang tepat karena mereka memiliki berbagai macam beasiswa seperti HISP dan HIEA (Hanyang Internasional Excellence Awards).

Hanyang University sendiri telah meluluskan banyak artis yang punya karier cemerlang di dunia entertainment Korea Selatan dan melahirkan CEO.

Itulah beberapa daftar universitas terbaik di Korea Selatan. Beberapa diantaranya ada yang termasuk universitas terbaik di dunia lho!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments