Indonesia dikenal memiliki beragam makanan khas mulai dari Sabang hingga Merauke. Makanan khas masing-masing daerah itu umumnya disajikan ketika ada hajatan adat maupun saat Ramadhan di Indonesia. Ramadhan di tahun 2022 ini jatuh pada tanggal 2 April hingga 2 Mei 2022.

Jika dihitung mundur Ramadhan 2022 tinggal menunggu beberapa hari saja. Selama bulan Ramadhan, aneka takjil maupun makanan khas lainnya akan hadir untuk menemani saat berbuka puasa maupun sahur. Apa saja itu? Berikut ini Travis sajikan rekomendasi makanan khas Ramadhan yang enak dan harus kalian coba di Ramadhan kali ini.

1. Sate Susu

Sate Susu - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via travel.kompas.com

Umumnya sate terbuat dari daging kambing atau daging ayam saja. Berbeda dengan sate yang berada di Bali ini dimana sate ini terbuat dari puting susu sapi yang nantinya dipotong-potong serta diolah menggunakan beberapa bumbu khas.

Sate ini hanya dijual ketika bulan puasa saja dan untuk menikmatinya kamu bisa mengunjungi Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Utara Bali. Harga sate susu ini sekitar Rp. 2.000 hingga Rp. 2.500. Untuk rasanya sendiri gurih karena dibumbui dengan bumbu kuning sedangkan tektsur satenya lembut serta kenyal.

Tak perlu khawatir kehabisan sebab, sate susu sapi ini juga dijual di Jalan Maruti, Jalan Gatot Subroto VI dan di dekat Masjid Baiturrahmah Denpasar.

2. Asida

Asida - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via newsredaksi.com

Makanan khas Ramadhan ini berasal dari Ambon, rasanya manis mirip dodol dan memiliki aroma kayu manis. Asida ini terbuat dari tepung terigu sehingga teksturnya tidak begitu kenyal.

Sebenarnya Asida ini kue khas Arab, namun bagi penduduk Ambon kue ini sudah tidak asing lagi dan sangat cocok dengan lidah mereka maka dari itu makanan ini menjadi menu favorit di bulan Ramadhan.

Pada bagian atas kue ini dilumuri dengan mentega cair yang membuat makanan terasa lebih gurih. Tak hanya gurih, rasa manis juga bisa kamu rasakan ketika menyantapnya sehingga banyak yang mengatakan hidangan ini cukup unik.

3. Gulai Siput

Gulai Siput - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via flickr.com/[email protected]

Di wilayah pesisir Riau dikenal memiliki aneka ragam masakan laut mulai dari ikan bakar hingga sop ikan. Namun ada salah satu makanan khas yang wajib dicicipi karena ada ketika Ramadhan yaitu gulai siput.

Menu satu ini kerap dibuat untuk menu berbuka puasa. Seperti namanya gulai ini, bahan utamanya yaitu siput kemduian dimasak dengan sayur-sayuran pakis, pucuk daun ubi, daun keladi dan terung asam.

Rasa gulai siput ini enak dan dikatakan dapat mengembalikan stamina yang hilang setelah berpuasa karena mengandung vitamin A, vitamin E, protein, kalsium, karbohidrat, fosfor dan asam folat. Cara makannya juga cukup unik, sambil menikmati bumbu kuah kuning yang terasa asam pedas daging siputnya disedot langsung dari cangkangnya.

4. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via endeus.tv

Ketika bulan Ramadhan tiba, setiap daerah selalu memiliki takjil untuk menemanu buka puasa. Di daerah Gresik, Jawa Timur terdapat salah satu takjil yang sering dipilih untuk berbuka yaitu bongko kopyor.

Bongko Kopyor ini dikemas dalam daun pisang, hal inilah yang membuat aroma serta rasa makanan ini menjadi lebih enak. Di dalam bongko kopyor terdapat isian seperti bubur mutiara, potongan roti tawar, pisang, nangka, serutan kelapa muda dan siraman santan yang nantinya dikukus.

Teksturnya sendiri legit dan lembut sedangkan rasanya manis serta gurih. Untuk menemukan bongko kopyor ini tidak terlalu susah, biasanya dijual di pinggir jalan yang menjajakan takjil untuk berbuka puasa.

Baca juga :

5. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via omiyago.com

Di Pontianak , ketika Ramadhan tiba mereka memiliki kuliner khas yang sering dijadikan pilihan untuk berbuka puasa yaitu sotong pangkong. Sotong pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar daging cumi tapi diolah dengan cara yang berbeda.

Jika biasanya cumi hanya digoreng saja, sotong pangkong ini dimasak dengan cara dipanggang. Sebelum dimasak, cumi dijemur terlebih dahulu hingga kering kemudian dipanggang hingga matang. Setelah dipanggang, dagingnya dipukul-pukul agar empuk.

Makanan ini memiliki rasa gurih dan mengenyangkan sehingga cocok untuk sajian berbuka puasa. Umumnya sotong pangkong ini dikonsumsi dengan kuah sambal kacang atau sambal pedas manis. Biasanya ketika bulan Ramadhan tiba, banyak penjual sotong pangkong disepanjang jalan.

6. Kanji Rumbi

Kanji Rumbi - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via regional.kompas.com

Saat Ramadhan tiba, tentunya diidentikkan dengan kuliner. Maka dari itu setiap sore menjelang orang-orang keluar rumah untuk berburu kuliner takjil. Indonesia sendiri dikenal memiliki segudang makanan khas dan lezat seperti di Aceh misalnya, mereka memiliki makanan khas bernama kanji rumbi.

 Kanji rumbi ini merupakan sebuah bubur yang banyak dijajakan di daerah Aceh ketika Ramadhan sebab bubur ini sering dijadikan hidangan berbuka puasa. Tak hanya enak, bubur ini juga memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Sebab kanji rumbi ini terbuat dari rempah-rempah yang sudah dikenal khasiatnya.

Bubur ini terbuat dari serai, adas manis, kapulaga, kayu manis, daun pandan, merica, jintan, kemiri, jahe, pala, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cengkeh dan bunga lawang. Banyaknya rempah-rempah yang digunakan tak heran jika rasa makanan ini sangat enak. Selain rempah-rempahnya, bubur ini juga menggunakan topping ayam.

7. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via resepkoki.id

Bubur Kampiun merupakan salah satu makanan khas Ramadhan yang berasal dari Sumatra Barat. Bubur ini banyak diminati karena memiliki rasa yang manis dan teksturnya cukup beragam.

Ketika bulan Ramadhan, bubur kampiun ini jauh lebih mudah didapatkan dibandingkan hari-hari biasa. Bubur Kampiun ini terbuat dari aneka bubur yang ditempatkan dalam satu wadah seperti bubur ketan putih kukus, bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak pisang/ubi dan bubur conde atau bubur candil.

Bubur ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan sarapan, hidangan berbuka puasa hingga hidangan ketika pesta pernikahan adat Minangkabau.

8. Ketan Bintul

Ketan Bintul - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via fimela.com

Di Banten ada banyak sekali pilihan menu berbuka puasa, tapi yang paling favorit yaitu ketan bintul. Makanan khas satu ini sangat populer terutama di bekas wilayah peninggalan Kesultanan Banten karena dulunya kentan bintul ini menjadi makanan jamuan untuk tamu kerajaan.

Takjil ini berbahan ketan yang ditaburi dengan serundeng lalu dibungkus dengan daun pisang, daun pisang yang digunakan adalah daun pisang yang telah dilayukan dengan cara dibolak-balik diatas air yang mendidih.

Tapi ada juga yang disajikan dengan gulai kambing atau semur daging. Untuk menemukan kentan bintul ini kalian bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional atau toko-toko kue.

9. Kolak

Kolak - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via blog.sayurbox.com

Tak lengkap rasanya jika tidak menyantumkan kolak sebagai salah satu makanan khas Ramadhan. Variasi dari kolak cukup banyak ada yang ditambah pisang, labu kuning, ubi jalar, nangka, pisang raja, singkong, bola nasi dan mutiara.

Makanan khas ini bisa dihidangkan dalam keadaan masih hangat maupun dingin dengan es batu. Hidangan manis ini sangat mudah ditemukan karena hampir setiap daerah ada. Untuk rasanya sendiri manis berkat adanya gula merah dan santan.

10. Pakat

Pakat - Rekomendasi makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa kalian coba
photo via bisniswisata.co.id

Setiap Ramadhan, makanan khas satu ini banyak bermunculan di beberapa daerah. Pakat merupakan makanan yang terbuat dari pucuk muda sejenis rontan. Rasanya sangat nikmat dan bisanya disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu hingga matang.

Tapi ada juga yang direbus lalu kulit luarnya dibuang dan isinya yang berwarna putih diambil kemudian diiris. Teksturnya sangat lembut dan cocok sekali disantap dengan nasi sebagai lalapan atau dicampur dengan berbagai sayuran.

Itulah beberapa deretan makanan khas Ramadhan yang bisa kalian cicipi. Beberapa diantaranya bahkan hanya dapat ditemukan ketika bulan puasa saja sehingga kehadirannya terasa lebih spesial.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments