Mata yang digital yang terkanal salah satunya adalah Bitcoin, namun masih banyak orang yang tidak tahu dan bertanya – tanya tentang apa itu Bitcoin. Sejak kemunculan bitcoin pertama kali, mata uang digital ini memiliki nilai yang amat tinggi jika di konversi kedalam uang nyata. Bahkan nilai tukar bitcoin sempat menembus 200 juta rupiah per 1 bitcoin.

Karena nilainya yang memiliki perubahan yang begitu signifikan, banyak orang mulai menginvestasikan uangnya kedalam mata uang digital yang satu ini.

Baca juga : Cara mencegah dan mengatasi virus Ransomware Wanna Cry

virus malware Ransomware Wanna Cry

photo via : www.upi.com

Bitcoin sendiri merupakan sebuat mata uang digital dengan nilai saat ini lebih dari 1 ounce emas dan sepenuhnya dalam bentuk digital. Mata uang virtual ini sendiri dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun fakta sebenarnya jauh berbeda. Untuk mengenal dan mengetahui bitcoin lebih dekat, berikut ini adalah segala hal tentang bitcoin mulai dari sejarah bit coin, asal usul bitcoin hingga fakta unik dan menarik dari bitcoin.

1. Sejarah munculnya bitcoin

sejarah munculnya bitcoin 750x450 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : www.clipzui.com

Masih menjadi misteri. Bitcoin pertama kali diluncurkan tahun 2009 oleh seseorang atau kelompok orang yang beroperasi dengan menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Bitcoin kemudian diadopsi oleh sekolompok penggemar. Nakamoto tidak lagi berkecimpung dalam bitcoin saat mata uang ini mulai menjadi perhatian luas. Namun para pendukungnya tidak berkeberatan. Mata uang ini memiliki aturan internalnya sendiri.

Seorang wirausaha Australia tahun lalu maju ke depan dan mengklaim sebagai pendiri bitcoin, dan dalam hitungan hari kemudian ia “tidak memiliki keberanian” untuk memberikan bukti bahwa ia benar pendirinya

2. Siapa yang menerbitkan Bitcoin?

bitcoin mining 750x531 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : sciencetrends.com

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

3. Keamanan Bitcoin

bitcoin aman 750x500 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : techflourish.com

Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid.

jaringan bitcoin di seluruh dunia 750x469 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : insidebitcoins.com

Jaringan bitcoin ini bekerja dengan memanfaatkan ketamakan individu untuk barang kolektif. Sebuah jaringan dengan para pengguna yang terampil dalam bidang teknologi yang disebut miners menjaga kejujuran sistem dengan menuangkan kekuatan komputasi ke dalam sebuah blockchain, sebuah perhitungan global yang mencatat setiap transaksi bitcoin.

block chain bitcoin 750x530 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : medium.com

Blockchain mencegah mereka yang bermaksud tidak baik untuk membelanjakan bitcoin yang sama dua kali, dan miners ini mendapat penghargaan atas usahanya kadang-kadang dalam bentuk bitcoin. Selama miners menjaga keamanan blockchain, tidak akan timbul masalah pemalsuan.

4. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintahan dimanapun.

jaringan bitcoin 750x469 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : www.maxthon.com

Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

5. Transaksi Bitcoin dapat dilakukan tanpa informasi pelaku transaksi

transksi bitcoin tidak perlu informasi orang yang melakukan transaksi 750x372 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : www.kisspng.com

Pada dasarnya bitcoin adalah barisan kode komputer yang ditandatangani secara digital setiap kali mata uang itu berpindah dari satu pemilik ke pemilik berikutnya. Mata uang digital ini tidak terikat kepada bank atau pemerintah  sehingga memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja tanpa mengungkapkan jati diri mereka.

bitcoin disukai oleh para penjahat - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : www.icolancer.com

Hal ini pula yang membuat mata uang ini populer dikalang para pencinta kebebasan, di samping penggemarnya, para spekulan dan juga para penjahat. Koin ini diciptakan oleh para pengguna yang “menambang” mata uang mereka dengan meminjamkan kekuatan komputasi untuk memverifikasi transaksi pengguna lainnya. Mereka menerima bitcoin sebagai imbalannya. Koin ini juga bisa dibeli dan dijual dengan menukarkan mata uang dolar AS dan mata uang lainnya

6. Para pengguna bitcoin

pengguna bicoin - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

Beberapa badan usaha telah ikut serta dalam tren bitcoin ini di tengah maraknya liputan media. Overstock.com menerima pembayaran dalam bitcoin, contohnya.

Mata uang ini menjadi cukup populer sehingga terjadi lebih dari 300.000 transaksi harian baru-baru ini, menurut situs bitcoin blockchain.info. Setahun yang lalu, aktivitasnya mendekati 230.000 transaksi per hari.

Meskipun demikian, popularitasnya tergolong rendah bila dibandingkan dengan uang kas, dan transaksi berbasis kartu, dan masih banyak individu dan badan usaha yang tidak bersedia menerima pembayaran dalam bitcoins.

7. Jumlah Bitcoin sangat terbatas

jumlah bitcoin terbatas 750x503 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : bitcoinist.com

Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.

Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Jika komputer rusak sama saja uang bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan.

8. Nilai Tukar Bitcoin apabila diuangkan

perkembangan nilai tukar bitcoin semakin naik 750x318 - 8 Hal tentang Bitcoin, Mata Uang Digital Seharga 1 Ons Emas

photo via : bitcoinist.com

Satu bitcoin terakhir diperdagangkan dengan nilai $1.734,65, menurut Coinbase, sebuah perusahaan yang membantu menukar bitcoins. Nilai ini membuatnya lebih berharga dari satu ounce emas, yang diperdagangkan pada nilai kurang dari $1.230.

Namun nilai bitcoins dapat berubah-ubah dengan tajam. Setahun yang lalu, nilainya $457,04, yang artinya sekarang nilainya sudah lebih tinggi empat kali lipat dibandingkan 12 bulan terakhir. Namun harganya tidak selalu meningkat. Nilai bitcoin anjlok 23 persen terhadap dolar dalam jangka waktu sepekan bulan Januari yang lalu. Nilainya kembali anjlok pada nilai yang sama dalam waktu 10 hari di bulan Maret.

Related Post :